7 Negara dengan Penduduk Paling Sehat di Dunia

Budaya dan geografis setiap negara tentu berbeda. Ternyata dua hal tersebut ikut memengaruhi cara hidup mereka. Di beberapa negara, ditemukan orang-orang yang hidup lebih dari seratus tahun karena lingkungan alam yang bebas dari polusi, serta kebiasaan mereka menjalani hidup sehat. Ini dia 7 negara dengan gaya hidup paling sehat, seperti dikutip dari Care2.

1. Islandia

Negara ini memiliki populasi yang tidak begitu banyak, udaranya pun baik dan bebas polusi. Menurut penelitian, mereka mempunyai catatan angka kematian bayi terendah, yaitu 2 diantara 1.000 bayi. Seperti namanya, Islandia adalah negara yang iklimnya dingin. Ternyata alasan mereka masuk ke dalam kategori negara sehat karena penduduknya lebih sering bekerja di luar rumah dan pergi berolahraga di gym. Majalah Forbes menobatkan Islandia sebagai negara paling sehat di dunia.

 2. Jepang

Kalau mendengar namanya, pasti yang kita bayangkan adalah Sushi, makanan tradisional yang bahan bakunya dari ikan-ikan mentah yang diolah secara sederhana dan bergizi untuk dimakan. Selain itu, Jepang merupakan negara pengonsumsi ikan tertinggi di dunia, begitu juga dengan kedelai dan rumput laut. Cara orang Jepang makan pun unik, mereka akan berhenti makan saat 80 persen dari perutnya terasa penuh. Kemudian menunggu 10 menit, baru memutuskan akan lanjut makan atau tidak. Menurut World Health Organization, penduduk Jepang rata-rata hidup diatas 74,5 tahun dan sebagian besar karena diet yang sehat.

 3. Swedia

Pemandangan yang indah dengan perbukitan, gunung-gunung dan lembah menjadikan Swedia negara yang indah dan sejuk. Wajar saja kalau penduduknya lebih suka menghabiskan waktu di luar dan menikmati kekayaan negaranya. Pemerintah Swedia pun memberlakukan kebijakan agar penduduknya mau menjalani gaya hidup sehat, seperti jaga keseimbangan antara kerja dan berlibur. Karena letak geografis, orang Swedia banyak mengonsumsi makanan olahan ikan dengan kadar asam lemak omega yang tinggi. Cara pengolahan makanan pun sehat. Mereka tidak menggunakan minyak untuk memasak, melainkan direbus, fermentasi, diasap atau dikeringkan.

 4. Okinawa

Penduduknya rata-rata hidup di atas 110 tahun. Bisa dibilang kepulauan yang terletak di bagian paling selatan Jepang ini adalah rumah bagi orang-orang berumur 100 tahun atau lebih. Menurut Okinawa Centenarian Study, ada sekitar 50 orang yang mampu hidup hingga satu abad di antara 100.000 orang. Sebuah rasio yang cukup tinggi untuk sebuah negara. Mereka tidak hanya memiliki umur panjang, tetapi juga hidup sehat dan bahagia. Buah-buahan dan sayuran lokal, tahu, rumput laut adalah makanan yang sering dikonsumsi. Aktivitas mereka cukup tinggi dan ketat, namun memiliki tingkat stres yang rendah.

 5. Selandia Baru

Udara di negara ini hampir sama seperti Islandia, bebas populasi dan juga penduduknya sedikit. Kebanyakan penduduknya mendapatkan makanan dengan cara memetik dari pohon atau mengambil di taman. Hal itu membuat makanan yang dikonsumsi selalu segar dan sehat. Penduduknya juga sering menghabiskan aktivitas mereka di luar dengan hiking, berkemah atau memancing. Di Selandia Baru, di mana pun tempat tinggal Anda, jarak yang perlu ditempuh ke laut rata-rata hanya 90 menit jika menggunakan mobil.

 6. Sardinia

Tempat yang berwilayah di Italia ini memiliki angka yang besar untuk penduduk berusia diatas 100 tahun. Sebagian besar lelaki adalah seorang penggembala. Mereka sering berjalan kaki kira-kira 5 kilometer per-hari. Makanan yang sering dikonsumsi antara lain gandum, kacang-kacangan, tomat, sayuran, bawang putih, buah-buahan, minyak zaitun dan keju pecorino –dibuat dari susu Domba pemakan rumput segar dan alami (kaya akan Omega 3). Rasa kekeluargaan di Sardinia pun sangat tinggi, kebanyakan orang di usia senja tetap tinggal satu rumah bersama keluarga mereka.

 7. Finlandia

Sekitar 30 tahun yang lalu, Finlandia sempat ‘dituding’ sebagai negara dengan angka kematian tinggi karena penyakit jantung oleh Majalah Forbes. Pernyataan itu ternyata membuat penduduknya terganggu. Sejak itu, mereka bekerja keras untuk menggalakkan gaya hidup sehat. Konsumsi rokok berkurang secara signifikan, digantikan dengan asupan sayur dan buah yang diperbanyak hingga dua kali lipat.
(sumber wolipop.com)

About these ads

Tentang Mulyaji Bin Raban, S.Kom.

Sekarang menekuni pekerjaan Part time sebagai IT Service Engineer di salah satu perusahaan software dari negeri tetangga dan Freelance di bidang Networking, Web Design & Automation.

Posted on 13 Agustus 2011, in Berita kesehatan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.