Kuliah di Jepang (2)

Di artikel sebelumnya telah saya kupas strategi dan cara mendapatkan Letter of Acceptance dari profesor atau sensei di Universitas di Jepang sebagai salah satu syarat utama, kalau tidak boleh dikatakan mutlak, untuk bisa mendapatkan beasiswa dan study di Jepang. Maka, langkah berikutnya yang harus kita lakukan adalah mencari dan mendapatkan beasiswa.Pada tahap ini, kita sering gagal karena berbagai faktor.Mudah2an tulisan saya ini bisa menjadi solusi dan penyemangat bagi pencari beasiswa di Jepang.

Banyak sekali buku2 yg berisi panduan dan strategi mendapatkan beasiswa bisa kita dapatkan di toko buku. Saya juga menganjurkan rekan2 pencari beasiswa untuk membaca buku2 panduan tersebut. Disini, saya akan berusaha memberikan tips mencari dan mendapatkan beasiswa berdasarkan pengalaman pribadi dan teman2 selama di Jepang.

Satu hal yang perlu sekali untuk diketahui, ternyata banyak sekali beasiswa yang bisa kita dapatkan tanpa harus melewati proses seleksi yg ketat.Tapi, bergantung pada koneksi dan kekuatan rekomendasi sensei kita di Jepang. Atau dengan kata lain, disinilah nasib manusia diundi untuk mendapatkan pemenangnya. Info seperti ini yg jarang sekali diketahui mereka yang belum pernah mendapatkan beasiswa study di LN.Khususnya utk kasus Jepang. Untuk itu, jangan pernah menyerah dan putus asa!

Begitu sudah mendapatkan sensei di Jepang, pelan2 cobalah menanyakan ke calon sensei anda tentang berbagai kemungkinan beasiswa yang mungkin bisa beliau bantu.Karena kadang sensei kita punya dana beasiswa dari proyek peneilitian dia, atau hasil kerjasama dengan isntansi tertentu, atau si sensei punya posisi penting sehingga bisa merekomendasikan (menekan) instansi penyedia beasiswa untuk memberikan beasiswanya pada anda sbg calon muridnya.

Perlu diketahui, bahwa sensei2 di Jepang kadang juga membutuhkan murid2 yang bisa membantu dia mengerjakan proyek2 besarnya dan sdh tersedia dana beasiswanya juga.Informasi seperti ini bisa kita tanyakan langsung ke calon sensei kita setelah sudah ada kesediaan dari sensei tsb utk menerima kita di labnya.Atau kalau ada orang Indonesia di Lab tsb, mgkn lebih baik menanyakan pada dia.Yang tidak boleh kita lupakan adalah unggah-ungguh (sopan santun) dalam menanyakan sesuatu pada sensei. Sebab org jepang punya karakter yg sama dengan orang timur kebanyakan.Kalau anda kurang PD, bisa meminta kesediaan teman atau kenalan yg ada di Jepang untuk melihat isi e-mail anda sblm dikirimkan.

Sayanknya, jumlah sensei yg mau menerima kita sekaligus bersedia mengusahakan beasiswa utk kita sedikit. Kebanyakan, sensei2 di Jepang senang sekali menerima mahasiswa dari LN yang bisa mencari beasiswa sendiri.Apalagi kalau bisa mendapatkan beasiswa dari pemerintah Jepang, spt Monbukagakusho.

Ada banyak sekali beasiswa yang tersedia bagi yang ingin study di Jepang. Baik yang Government Sponsored maupun Privately Sponsored Scholarship. Saya coba tuliskan beasiswa2 yg ada di Jepang beserta sedikit uraian singkat dan link nya.

1.Beasiswa Monbukagakusho
Beasiswa Monbukagakusho (Dulu bernama Monbusho) adalah beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Jepang melalui Ministry of Education, Culture, Sports, Science, and Technology (MEXT) atau Kementerian Pendidikan Budaya, Olahraga, Sains dan Teknologi.Siapa saja yang berhak melamar, prosedur lamaran, persyaratan, kapan dibuka, berapa besar beasiswa dan informasi lengkap lainnya bisa anda dapatkan di link ini:
http://www.naist.jp/english/students/international/monbukagakusho.html
http://www.id.emb-japan.go.jp/sch.html

2.Beasiswa Panasonic
Beasiswa Panasonic adalah beasiswa yang disediakan oleh Panasonic Foundation, milik Matsushita Electric Company dengan produk2 elektronik terkenalnya bermerek Panasonic.Jumlah penerima beasiswa ini relatif lebih sedikit dibandingkan dengan Monbukagakusho dan proses seleksinya relatif lebih ketat. Besar dana yang kita dapatkan tiap bulan juga relatif besar.Siapa saja yang berhak melamar, prosedur lamaran, persyaratan, kapan dibuka, berapa besar beasiswa dan informasi lengkap lainnya bisa anda dapatkan di link ini:
http://panasonic.net/scholarship/index.html

3.Beasiswa Hitachi
Beasiswa Hitachi adalah beasiswa yang disediakan oleh Hitachi Scholarship Foundation, milik Hitachi Group dengan produk2 elektronik terkenalnya bermerek Hitachi.Jumlah penerima beasiswa ini relatif lebih sedikit dibandingkan dengan Monbukagakusho dan proses seleksinya relatif lebih ketat. Nominal beasiswa yang diberikan juga lebih besar dari Panasonis dan Monbukagakusho. Siapa saja yang berhak melamar, prosedur lamaran, persyaratan, kapan dibuka, berapa besar beasiswa dan informasi lengkap lainnya bisa anda dapatkan di link ini:
http://www.hitachi.com/Int-e/skk/hsk12000.html

4.Beasiswa JICA
Beasiswa JICA adalah beasiswa yang disediakan oleh Japan International Cooperation Agency.JICA adalah sebuah organisasi kerjasama internasional Jepang dalan upayanya membangun jaringan dan kontribusi bagi negara2 berkembang di seluruh dunia.Nominal beasiswa yang diberikan juga lebih besar dari Panasonis dan Monbukagakusho. Siapa saja yang berhak melamar, prosedur lamaran, persyaratan, kapan dibuka, berapa besar beasiswa dan informasi lengkap lainnya bisa anda dapatkan di link ini:
http://www.jica.go.jp/english/schemes/scholarship/index.html

5.Beasiswa Sato atau SISF
Beasiswa SISF atau lebih terkenal dengan sebutan beasiswa Sato adalah beasiswa yang disediakan oleh SISF(Sato International Scholarship Foundation ) dengan Mr.Sato sebagai foundernya. Siapa saja yang berhak melamar, prosedur lamaran, persyaratan, kapan dibuka, berapa besar beasiswa dan informasi lengkap lainnya bisa anda dapatkan di link ini:
http://www.sisf.or.jp/english/

6.Beasiswa ASF
Beasiswa ASF(Asian Scholarship Foundation ) adalah beasiswa yang disediakan oleh ASF. Siapa saja yang berhak melamar, prosedur lamaran, persyaratan, kapan dibuka, berapa besar beasiswa dan informasi lengkap lainnya bisa anda dapatkan di link ini:
http://www.asianscholarship.org/

7.Private Scholarship lainnya
Untuk informasi tentang beasiswa2 yang disediakan oleh yayasan2 swasta lainnya di Jepang yang jumlahnya cukup buanyak, anda bisa obrak-abrik link dibawah ini. Link dibawah ini menurut saya juga perlu untuk diketahui bagi siapa saja yang ingin study di Jepang:
http://www.studyjapan.go.jp
http://www.jasso.go.jp/

Yang perlu kita persiapkan sedari awal ketika sudah ada rencana study ke LN dan mencari beasiswa adalah kemampuan bahasa Inggris.Sekor toefl atau ielt biasanya menjadi syarat mutlak bagi kita untuk bisa mendapatkan beasiswa dan study di LN, tmsk Jepang.Selamat mencoba, berusaha dan jangan pernah menyerah! [Bersambung…]

Harus Laksana Guntur

  1. *Penulis adalah Assistant Professor di Tokyo Institute of Technology

About Mulyaji Bin Raban, S.Kom.

Sekarang menekuni pekerjaan Part time sebagai IT Service Engineer di salah satu perusahaan software dari negeri tetangga dan Freelance di bidang Networking, Web Design & Automation.

Posted on 1 Agustus 2011, in Tips Kuliah. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s