Manfaat buah dan sayur bagi kesehatan

OBAT AJAIB DI SEKITAR KITA

Apel
Siapa yang tidak kenal buah ini? Sering kita jumpai ada di mana-mana. Buah apel ada berbagai macam warna. Dalam satu buah apel diyakini banyak manfaatnya. Terutama kaya akan mineral dan vitramin-vitamin juga asam amino dan gula alami.  Mineral dalam buah apel antara lain kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc. Apel dimakan pada waktu malam, membantu cepat tidur. Apel membantu ,mengatasi pencernaan dan membantu pembilasan ginjal. Minum jus apel setiap hari juga bisa membantu otak tetap berfungsi baik, selain itu senyawa antioksidannya terutama vitamin C dan quercetin bisa mencegah kerusakan memori dan fungsi otak yang diakibatkan stres oksidatif (kondisi keterbatasan asupan antioksidan) yang membuat tubuh kita tak mampu menetralkan radikal bebas, yang akhirnya menjadi pemicu sederet penyakit, dari katarak hingga kanker Beberapa dokter menyarankan apel untuk mengimbangi kelebihan cholesterol dalam darah.

Fitokimia
Buah apel juga mengandung fitokimia. Fitokimia merupakan antioksidan untuk melawan radikal bebas yang berasal dari polusi atau lingkungan sekitar. Zat ini juga berfungsi untuk menekan jumlah kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

Kaya Serat
Apel kaya akan serat, sehingga baik untuk orang yang sedang dalam program diet. Hal ini disebabkan karena serat yang tinggi sehingga mencegah lapar datang lebih cepat.

Serat untuk mengurangi lemak dan kolesterol

Buah apel mengandung serat yang berguna mengikat lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh untuk selanjutnya dibuang.

Tanin
Buah apel juga memiliki kandungan tanin. Tanin adalah zat yang berfungsi membersihkan dan menyegarkan mulut, sehingga dapat mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Baron
Di dalam buah apel terdapat baron. Apakah baron itu? Baron berfungsi mempertahankan jumlah estrogen dalam tubuh seorang wanita.

Flavoid
Salah satu kandungan buah apel yang baik untuk menjegah penyakit adalah flavoid. Flavoid merupakan zat yang berfungsi menurunkan risiko kanker.

Asam D-glucaric
Apakah Asam D-glucaric itu? Asam D-glucaric merupakan zat yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Asam D-glucaric juga terdapat di dalam buah apel.

Quercetin
Quercetin merupakan zat yang dibutuhkan untuk meningkatkan kadar antioksidan sehingga tubuh terasa lebih sehat dan mencegah berbagai penyakit. Buah apel mengandung zat quercetin.

Asam tartar
Di dalam sebuah apel juga terdapat asam tartar. Asam tartar yang dapat menyehatkan saluran pencernaan, karena zat ini mampu membunuh bakteri yang ada dalam saluran pencernaan.

Melihat banyaknya unsur kesehatan yang dapat dimanfaatkan, tentu kita dapat mencoba untuk mengkonsumsi satu buah apel setiap hari.

 



Sebagai obat penangkal KUDIS, jus limau dapat digunakan sebagai penyembuh infeksi system pernafasan dan juga merupakan tonic umum. Aduklah dengan air, beri madu bila diingini, tidak perlu takut kelebihan dosis bila diminum dalam bentuk ini. Ia merupakan penyembuhan penyakit kuning. Lemon jus dapat membantu regenerasi liver. Memberikan keseimbangan tubuh akibat alcohol yang berbahaya. Bagi yang mengurangi berat badan, biasa meminumnya waktu pagi dicampur air panas atau dingin. Ia juga merupakan astrigen yang baik yang dapat digunakan sebagai obat kumur terhadaop nyeri kerongkongan, uterine haemorr-hage setelah melahirkan atau juga biasa sebagai lotion terbakar matahari.

 

Meredakan Demam
Saat flu, badan menggigil karena demam, lemon dapat meringankan gejala-gejala tersebut. Buat jus dari satu buah jeruk lemon dicampur dengan secangkir air panas dan madu. Minum segera setelah dibuat, ulangi setiap dua jam hingga demam mereda.

Mengobati Sariawan
Lemon terkenal sebagai antibakteri dan antivirus yang mempercepat proses penyembuhan sariawan. Campurkan jus lemon segar dengan segelas air hangat dan pakai berkumur tiga kali sehari. Pemakaian pertama menimbulkan sensasi terbakar saat jus lemon mengenai sariawan. Dengan pemakaian teratur, rasa terbakar akan hilang dengan sendirinya

Menghilangkan Jerawat
Lemon mengandung asam sitrat yang efektif mengobati jerawat. Vitamin C dalam buah jeruk lemon membuat kulit bercahaya dan sifat alkalinya dapat membunuh beberapa jenis bakteri penyebab jerawat. Selain minum air perasan lemon di pagi hari, lakukan perawatan wajah dengan jeruk lemon sebagai berikut:

  1. Oleskan jus lemon segar pada jerawat dengan jari bersih atau bola kapas, biarkan semalaman. Cucilah wajah dengan air keesokan paginya. Pada awalnya mungkin ada sedikit rasa terbakar dan tidak nyaman di kulit, tetapi akan segera hilang.
  2. Campurkan masing-masing satu bagian perasan lemon segar dengan air mawar atau madu. Taruh campuran di daerah berjerawat selama setengah jam, lalu cuci bersih. Lakukan dua kali sehari, pagi dan sore.

Memberi Efek Menenangkan
Penelitian menunjukkan bahwa lemon dapat menenangkan dan membantu menghilangkan rasa  letih, lelah, pusing, cemas, gugup, dan ketegangan. Menghirup aroma minyak lemon efektif meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan. Sebaiknya gunakan aroma lemon sebagai penyegar ruangan di kantor untuk meningkatkan efisiensi kerja. Percikkan beberapa tetes minyak esensial lemon pada saputangan lalu hirup bila Anda merasa tegang.

Mengobati Kulit Kapalan
Kulit lemon efektif menghilangkan kapalan di tangan. Letakkan seiris jeruk lemon setebal 5 mm ke tangan yang kapalan lalu gosok-gosokkan pada permukaan kulit, kemudian balut semalaman. Mengusap daerah kapalan dengan minyak esensial lemon, bisa membantu mempercepat proses penyembuhan. Dianjurkan agar berhati-hati menggunakan minyak murni di daerah kapalan dengan bola kapas atau Q-tip, karena terlalu kuat.



Sumber Vitamin C dan Pencegah Hipertensi
Gizi.net – Selain karbohidrat, kentang juga kaya vitamin C. Hanya dengan makan 200 gram kentang, kebutuhan vitamin C sehari terpenuhi.

Kentang (Potato). Gizinya banyak terdapat dibagian bawah kulitnya, jangan mengupas berlebihan, cukup mengupas kulit yang tipis bila hendak memakannya. Sesisir kentang mentah ditempelkan di kening dapat meringankan sakit kepala. Dapat juga menyembuhkan lingkaran-lingakaran dibawah mata dan bengkak di kelopak mata.
Kalium yang dikandungnya juga bisa mencegah hipertensi. Lebih dari itu, kentang dapat dibuat minuman yang berkhasiat untuk mengurangi gangguan saat haid.

Kentang merupakan lima kelompok besar makanan pokok dunia selain gandum, jagung, beras, dan terigu.
Bagian utama kentang yang menjadi bahan makanan adalah umbi, yang merupakan sumber karbohidrat, mengandung vitamin dan mineral cukup tinggi. Tanaman kentang (Solanum tuberosum Linn.) berasal dari daerah subtropika, yaitu dataran tinggi Andes Amerika Utara. Daerah yang cocok untuk budi daya kentang adalah dataran tinggi atau pegunungan dengan ketinggian 1.000-1.300 meter di atas permukaan laut, curah hujan 1.500 mm per tahun, suhu rata-rata harian 18-21oC, serta kelembaban udara 80-90 persen.

Dibandingkan dengan produksi kentang di Eropa yang rata-ratanya mencapai 25,5 ton per hektar, produksi kentang di Indonesia masih sangat rendah. Rata-rata hanya 9,4 ton per hektar.

Rendahnya hasil tersebut terkait dengan mutu benih yang kurang baik (misalnya terinfeksi virus), teknologi bercocok tanam yang belum memadai, serta iklim yang kurang mendukung. Penanganan pascapanen yang kurang baik dapat menyebabkan kerusakan umbi kentang sebesar 2-10 persen serta menimbulkan bagian terbuang sekitar 10 persen.

Cukup 200 Gram
Kentang memiliki kadar air cukup tinggi, yaitu sekitar 80 persen. Itulah yang menyebabkan kentang segar mudah rusak, sehingga harus disimpan dan ditangani dengan baik. Pengolahan kentang menjadi kerupuk, tepung, dan pati, merupakan upaya untuk memperpanjang daya guna umbi tersebut.

Pati kentang mengandung amilosa dan amilopektin dengan perbandingan 1:3 Dari tepung dan pati kentang, selanjutnya dihasilkan berbagai produk pangan olahan dengan beragam citarasa yang enak dan penampilan menarik.

Kandungan karbohidrat pada kentang mencapai sekitar 18 persen, protein 2,4 persen dan lemak 0,1 persen. Total energi yang diperoleh dari 100 gram kentang adalah sekitar 80 kkal.
Dibandingkan beras, kandungan karbohidrat, protein, lemak, dan energi kentang lebih rendah. Namun, jika dibandingkan dengan umbi-umbian lain seperti singkong, ubi jalar, dan talas, komposisi gizi kentang masih relatif lebih baik.

Kentang merupakan satu-satunya jenis umbi yang kaya vitamin C, kadarnya mencapai 31 miligram per 100 gram bagian kentang yang dapat dimakan. Umbi-umbian lainnya sangat miskin akan vitamin C.

Kebutuhan vitamin C sehari 60 mg, untuk memenuhinya cukup dengan 200 gram kentang. Kadar vitamin lain yang cukup menonjol adalah niasin dan B1 (tiamin).

Dengan mengkonsumsi sebuah umbi kentang yang berukuran sedang, sepertiga kebutuhan vitamin C (33 persen) telah tercapai. Demikian juga halnya dengan sebagian besar kebutuhan akan vitamin B dan zat besi.

Pencegah Hipertensi
Kentang juga merupakan sumber yang baik akan berbagai mineral, seperti kalsium (Ca), fosfor (P), besi (Fe) dan kalium (K), masing-masing 26,0; 49,0; 1,1; dan 449 mg/100 g. Di lain pihak, kandungan natriumnya sangat rendah, yaitu 0,4 mg/100 g.

Rasio kalium terhadap natrium yang tinggi pada kentang sangat menguntungkan bagi kesehatan, khususnya terhadap pencegahan timbulnya penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi). Sebagaimana diketahui, bahwa konsumsi natrium (sodium) yang berlebih (dapat berasal dari garam dapur, monosodium glutamat/MSG, sodium bikarbonat) merupakan salah satu pencetus hipertensi. Di lain pihak, konsumsi kalium yang tinggi memberikan efek yang berlawanan, yaitu menurunkan tekanan darah.

Rasio natrium terhadap kalium yang paling ideal adalah 1:1. Konsumsi harian kita terhadap natrium yang berlebih (akibat membudayanya pemakaian MSG pada berbagai masakan), perlu diimbangi dengan konsumsi kalium yang tinggi.
Kentang merupakan bahan pangan yang sangat kaya kalium (449 mg/100 g). Selain kentang, bahan lain yang cukup kaya kalium adalah tomat dan pisang.

Rasio natrium terhadap kalium pada kentang dan tomat segar adalah sangat rendah, masing-masing 1:1100 dan 1:100. Pengolahan kentang menjadi kentang panggang (baked potato) akan menurunkan rasio tersebut menjadi 1:100, selanjutnya rasionya menurun lagi menjadi 9:10 pada pembuatan keripik (potato chips) dan menjadi 1,7:1 pada

 

Pembuatan salad kentang (potatao salad). 
Penurunan rasio natrium terhadap kalium tersebut semata-mata akibat penggunaan garam NaCl atau penyedap MSG yang berlebihan. Dengan kata lain, proses pengolahan pangan dengan penambahan garam dapur dan MSG telah mengubah bahan pangan yang tadinya menyehatkan, menjadi makanan yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

 


Bawang Putih
Manfaat bawang putih bagi kesehatan sudah sangat popular di tengah masyarakat sejak zaman dulu. Selain sebagai pendongkrak stamina seks, kini dapat dipastikan bawang putih juga mampu menangkal flu, membasmi cacing perut, mengobati rematik, dan meredakan insomnia. Juga mampu memerangi penyakit-penyakit degeneratif seperti hipertensi, stroke, jantung koroner, diabetes, ketidakseimbangan kolesterol dan kanker. Dari sekian banyak manfaat bawang putih, para ahli telah menemukan manfaat baru bawang putih yaitu dapat mencegah berat badan dan bahkan menurunkan berat badan. Suatu tes laboratorium menunjukkan bahwa tikus-tikus yang diberikan gula diet akan mengalami penurunan berat jika mereka diberi juga komponen bawang putih. Bawang putih punya dua khasiat yang luar biasa, pertama membuka saluran darah dan kedua merupakan antibiotik yang kuat.
Kandungan Kimia dan Kegunaannya
Senyawa yang ada pada bawang putih adalah aliin. Ketika bawang putih dimemarkan/dihaluskan, zat aliin yang sebenarnya tidak berbau akan terurai. Dengan dorongan enzim alinase, aliin terpecah menjadi alisin, amonia, dan asam piruvat. Bau tajam alisin disebabkan karena kandungan zat belerang. Aroma khas ini bertambah menyengat ketika zat belerang (sulfur) dalam alisin diterbangkan ammonia ke udara, sebab ammonia mudah menguap. Senyawa alisin berkhasiat menghancurkan pembentukan pembekuan darah dalam arteri, mengurangi gejala diabetes dan mengurangi tekanan darah.

Selain alisin, bawang putih juga memiliki senyawa lain yang berkhasiat obat, yaitu alil. Senyawa alil paling banyak terdapat dalam bentuk dialil-trisulfida yang berkhasiat memerangi penyakit-penyakit degeneratif dan mengaktifkan pertumbuhan sel-sel bar

Telah beberapa abad digunakan obat demam, batuk, bronchitis dan kerongkrongan. Untuk pengobatan Arthritis, reumatic, scitica dan infeksi sinus gilinglah dua siung dengan sendok teh madu murni diminum selama 3 atau 4 hari berturut-turut. Bawang putih yang dimasukan kedalam mentega dan madu membantu penyembuhan gangguan dan kandung kemih. Bawang putih dicampur susu, untuk mengurangi tekanan darah tinggi dan menyembuhkan sakit kepala. Bawang putih juga berkhasiat sebagai penyembuhan infeksi usus dan gangguan liver.


Bawang Merah (Onion)

Minyak bawang merah yang pedas, merupakan alat penyembuh effect pembunuh kuman baik luar maupun dalam. Bawang merah punya pengaruh penormalisir terhadap sistem syaraf usus. Bawang merah membantu pencernaan dan pembuangan empedu, di samping itu Bawang Merah juga dapat menurunkan tekanan darah. Bawang Merah merupakan alat standar dalam penyebuhan demam dan selesma.



Sangat kaya akan sulphur, nitrogen dan yodium. Selada air merupakan salah satu pencuci darah yang baik disamping juga merupakan tonic terhadap penyembuhan liver dan ginjal. Untuk membuat Tonic, adukkan juice didalam air dengan perbandingan 1:4 ( satu bagian juice terhadap 4 bagian air ) dan minumlah dua sendok teh penuh delapan kali sehari selama dua minggu.


Sledri dalam chloride, potassium dan sodium. Sledri dikenal pada tingkat therapy adalah ”MINYAK SLEDRI”yang punya dampak khusus terhadap sistem urut syaraf, penyembuhan encok dan rheumatik. Slosoki juice sledri yang dibubuhi sesendok teh madu murni akan menambah nafsu makan.

 


Kubis merupakan salah satu sekian banyak sayur mayur yang paling khasiat luar biasa menakjubkan. Potonglah daun kubis yang paling hijau, kemudian letakan diantara kain tipis yang panas, dapat digunakan sebagai kompres juga penyembuhan serangan liver, sakit usus, meriang, sakit pusing kepala, rheumatik, penyakit kulit, terbakar dan luka. Dihaluskan dan dibubuhkan pagi dan malam, didaerah yang sakit, dalam kasus kebakaran dan digigit serangga. Juga dapat menyembuhkan luka atau nyeri, jerawat pecah kulit, bisul, infeksi, dan bengkak ringan.


 

Selada mempunyai kandungan mineral, termasuk yodium, posphor, besi, tembaga kobalt, seng, kalsium, mangan dan potassium, sehingga selada mempunyai khasiat terbaik dalam dalam menjaga keseimbangan tubuh. Kulit luar yang hijau adalah paling baik. Dimasak perlahan – lahan selam 15 menit merupakan obat penderita insomnia (susah tidur).


Wortel meningkatkan jumlah butir darah merah sehingga merupakan penolong terbaik terhadap liver. Soup wortel murni sangat bermanfaaat bagi penyembuhan perut, dan juga dapat mengatasi sembelit. Vitamin A yang tinggi pada wortel berguna pada mata yang bukan hanya membantu pandangan malam tetapi juga penyembuhan ketegangan mata terhadap cahaya yang terang. Sebagian orang menyarankan meminum satu gelas juice wortel segar setiap hari, terutama pada waktu pagi, melindungi kita dari demam, flu, bronchitis.  Jangan terlalu banyak karena bisa mengakibatkan keracunan karotone. KapanLagi.com – Selama ini wortel dikenal sebagai sayuran yang bisa juga jadikan jus. Jus wortel memiliki banyak manfaat bagi kita untuk usia yang masih dini. Selain itu, jus wortel juga punya berbagai manfaat untuk kesehatan.

Warna kuning/oranye dari wortel menunjukkan kandungan karotin. Jus wortel memiliki efek terhadap kesehatan. Minum jus wortel juga bagus untuk efek pembersihan liver dengan kandungan vitamin A yang ada dalam sayuran ini. Vitamin A mengurangi empedu dan lemak di dalam liver.

Dalam wortel juga ada kandungan vitamin E, yang membantu mencegah kanker. Jus wortel yang dicampur dengan susu juga merupakan vitamin A ideal untuk bayi. Jus wortel juga cocok dicampur dengan jus buah lainnya. Gangguan sakit-sakit di usia tua pun juga dapat terbantu dengan rutin minum jus wortel tiap hari.

Jus wortel juga bagus diminum ibu hamil. Kandungan Beta carotene dalam buah ini juga merupakan anti oksidan, yang bagus buat ibu dan calon bayinya. Selain itu anti oksidan juga membantu memperlambat proses penuaan. Buah lain yang kaya anti oksidan adalah berry. Kedua buah ini bisa dijus bersama-sama atau secara terpisah.

Tips Manfaat Jus Wortel
– Jus wortel berguna sebagai anti-inflammatory dan menyegarkan kulit.
– Jus wortel dapat membantu mencegah kanker
– Jus wortel membantu memudarkan bercak-bercak di kulit
– Jus wortel yang dikonsumsi tiap hari mampu mengatasi kulit kasar karena bercak dan pigmentasi

Mungkin bagi sebagian orang jus wortel terasa tak enak, tapi demi kesehatan dan melihat manfaatnya tak ada salahnya untuk dicoba. Selamat mencoba

About Mulyaji Bin Raban, S.Kom.

Sekarang menekuni pekerjaan Part time sebagai IT Service Engineer di salah satu perusahaan software dari negeri tetangga dan Freelance di bidang Networking, Web Design & Automation.

Posted on 1 Agustus 2011, in Tips kesehatan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s