Nissan Juke 1.5 CVT RX A/T

Kehadirannya di kancah dunia otomotif memang cukup memberikan nuansa baru. Bagaimana tidak, baru dikeluarkan bulan Juni lalu oleh PT Nissan Motor Indonesia, mobil ini sudah dapat banyak serbuan dan antrian yang panjang dari para pecinta roda empat di tanah air.

Nissan Juke 1.5 CVT RX A/T

Bila melihat daftar antrinya, ada ribuan Nissan Juke yang harus inden menunggu pengiriman, hal tersebut cukup membuktikan bahwa I mobil minicrossover ini sudah banyak digemari di hati masyarkat tanah air.

Nissan Juke lahir sebagai kendaraan jenis compact cross over pertama dari Nissan Motor Indonesia (NMI). Dari segi rancangan dan desainnya, Juke merupakan perpaduan dari konsep kendaraan Sport Utility Vehicle dengan Compact Car. Dari segi dimensi, desian, atraktif juga kelengkapan fitur yang ditawarkan , Nissan Juke dianggap cukup memenuhi kebutuhan masyarakat urban di perkotaan.

Nissan Juke 1.5 CVT RX A/T

Untuk lebih lengkapnya, coba kita bedah sedikit tentang si Juke ini sama-sama …

Eksterior

Nissan Juke 1.5 CVT RX A/TUnik, aneh dan tak wajar …. Begitu kira-kira bila melihat dan menilai tampilan eksteriornya, namun justru di sisi ini yang membuat nilainya bertambah, terlebih Nissan Juke baru saja terpilih sebagai mobil terfavorite pilihan para pengunjung dalam gelaran acara IIMS 2011 yang baru saja terlaksana.

Keunikan atau sisi nyelenehnya terlihat dari penempatan lampu utama yang mana berada di bawah segaris dengan grill sedangkan lampu senja dan signnya malah ada di bagian atas, tepatnya di sisi kiri-kanan kap mesin.

Nissan Juke 1.5 CVT RX A/T

Nissan Juke 1.5 CVT RX A/T

Nissan Juke 1.5 CVT RX A/T

Masih ada lagi yang menjadi nilai unik pada Juke, yaitu desainnya yang serba membulat baik di bagian depan maupun di bagian belakang. Hal ini terlihat dari bentuk bumper depannya nya dan juga lekukan bokong yang sedikit berbobot alias berisi dan di kolaborasi dengan stoplamp ala boomerang mirip dengan kepunyaan fairlady. Desian melekuk alias sedikit melandai sangat terlihat pada bagian depannya, hal ini berfungsi untuk memberikan kemudahan pandangan pengemudi.

Nissan Juke 1.5 CVT RX A/T

Di bagian pintu belakang, gagang pintu sudah tak ada lagi di tempat yang biasanya, namun pindah ke samping atas yang menyatu dengan model kaca pintu.

Interior

Tatanan yang ada pada interior Juke rasanya cukup modern. Hampir segala panel mengumpul di bagian dashboard yang berguna untuk memberikan kemudahan pengemudinya dalam berkendara. Tata letaknya pun cukup rapih dan simple, semua tersusun baik guna memberikan efek ergonomi dalam berkendara.

Nissan Juke 1.5 CVT RX A/T

Fitur cangih yang berada pada consule tengah merupakan fitur Driving Mode yang memiliki tiga pilihan mode dalam berkendara yaitu,  Normal, Eco dan Sport. Masing-masing panel driving mode itu memiliki fungsi dan karakteristik tersendiri sesuai kebutuhan pengendara saat melaju menggunakan Juke. Selain itu juga masih ada keyless entry dan start-stop button, untuk menyalakan mesin tanpa menggunakan kunci. Cukup menekan tombol dan menekan pedal rem, otomatis mesin menyala.

Nissan Juke 1.5 CVT RX A/T

Mengenai car entertainmentnya, tak perlu ditanyakan lagi. Guna memenuhi kebutuhan akan hiburan, Juke juga telah dilengkapi dengan perangkat headunit touchscreen beserta konektivitas iPod Aux in, dan CD changer yang dapat menemani pengendaranya selama melakukan aktivitas bersama Juke.

Under The Hood & Performance

Sedikit miris bila berbicara mengenai performa yang di usung oleh Nissan Juke, tampilan wah dan sedikit gahar yang mengambarkan sebuah crossover nampaknya ‘agak’ kurang tangguh disisi performanya. Juke yang dibekali oleh mesin 4 silinder inline HR15DE berkapasitas 1.498 cc DOHC ini merupakan penyempurnaan dari mesin Nissan Livina yang telah disempurnakan. Mesin yang diusung oleh Juke mampu menghasilkan tenaga  sebesar 114 pd pada 6000 rpm dan torsi 150 Nm pada rpm 4000.

Nissan Juke 1.5 CVT RX A/T

Namun entah kenapa sewaktu tim BosMobil menjajal si Juke ini, putaran mesin di bawahnya terasa amat lamban, bagusnya terdapat tiga pilihan Driving Mode yang telah dihubungkan oleh transmisi X-tronic CVTnya. Eco, Normal dan Sport suatu kombinasi pilihan yang menarik sesuai dengan kebutuhan ketika berkendara.

Nissan Juke 1.5 CVT RX A/T

Untuk santai, silakan tekan tombol Eco, dijamin mobil akan irit namun konsekuensinya walau pedal diinjak abis alias gas pol, tarikan benar-benar lamban. Tapi ketika dipindahkan ke posisi Sport, secara otomatis tarikan Juke berubah total menjadi responsive, namun di putaran atasnya raungan mesin cukup terasa dan tentunya konsekuensi bahan bakar sedikit lebih boros.

Price & Style

Nissan Juke 1.5 CVT RX A/TJujur saja bila berbicara soal tampilan, Nissan Juke memang memiliki keunikan dalam hal tampangnya. Jati dirinya sebagai varian compact crossover memang terasa sangat cocok bagi para masyarakat urban di perkotaan terlebih bagi mereka yang super sibuk alias mobile. Tampang sangar yang disandang tak membuat si Juke menjadi pembatas bagi para penggunanya. Baik pria maupun wanita tanpa adanya perbedaan gender rasanya sah-sah saja menggunakan mobil ini, terlebih mereka yang memiliki cita rasa tersendiri dalam berkendara dan memilih kendaraanya. So … dari sisi style, Juke is the right one …
Berbicara mengenai harga, PT Nissan Motor Indonesia yang memberikan dua optional dari Juke melepasnya dengan harga berbeda. Untuk tipe CVT di lepas dengan kisaran Rp 238,8 juta, sedangkan untuk varian tertingginya, CVT RX dibandrol dengan harga Rp 248, 8 juta.

(sumber Bossmobil.com)

About Mulyaji Bin Raban, S.Kom.

Sekarang menekuni pekerjaan Part time sebagai IT Service Engineer di salah satu perusahaan software dari negeri tetangga dan Freelance di bidang Networking, Web Design & Automation.

Posted on 12 Agustus 2011, in Otomotif. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s