Membuat Blog WordPress Berbayar untuk Bisnis Internet

Sampai sekarang wordpress masih merupakan dedengkot layanan blog, disusul oleh blogspot.  WordPress terkenal  SEO friendship, dan paling mudah mengelolanya.  Istilah blog wordpress berbayar sebenarnya yang berbayar hanya domain dan hostingnya, sedangkan blog wordpressnya gratis. Ada beberapa hal  yang harus  diperhatikan sebelum  membuat blog wordpress agar blog anda sesuai dengan bisnis  online yang akan anda jalankan. Jadi,  untuk membuat sebuah situs/blog baik tidak bisa dibuat dengan asal-asalan atau sembarangan,  perlu dirancang sesuai  dengan jenis bisnis yang akan dilakukan.  Langkah-langkah yang harus dilakukan sebagai berikut :

1. Menentukan dan memiilih nama domain.

Menentukan dan memilih nama domain merupakan hal yang sangat penting, sebab nama domain harus menggambarkan keseluruhan isi suatu situs atau blog. Memilih dan menentukan nama domain tergantung dari tema situs atau blog yang anda buat. Tema yang dipilih bisa spesifik dan bisa juga umum. Apabila anda ingin memasarkan beberapa produk affiliate yang temanya berbeda, maka anda bisa menggunakan nama domain personal (nama anda), misalnya http://www.endangkusman.com. Tetapi jika blog anda  dirancang hanya untuk memasarkan sebuah affiliate, misalnya “affiliate Asian Brain“, maka anda harus memilih nama domain dengan niche keyword yang berhubungan dengan Asian Brain. Contoh http://www.sekolah-internet-marketing.com, http://www.pintar-bisnis-internet.com, dll.

2. Membeli domain dan sewa hosting

Apabila sudah menentukan beberapa alternatif nama domain, maka selanjutnya membeli nama domain, caranya  pergi ke web hosting .  Tapi sebelumnya terlebih dahulu anda harus melakukan pengecekan ketersediaan nama domain. Jika domain yang anda tentukan dengan extensi .com tidak tersedia, maka anda bisa mengganti dengan extensi yang lain, isalnya .net, .biz dst.  Apabila sudah ditemukan nama domain yang tersedia, maka selanjutnya anda memesan domain dan hosting bersamaan biar anda tidak repot-repot lagi memanage domain. Sebaiknya pilih paket hosting yang memiliki kapasitas min 100 MB.

3. Menyiapkan beberapa artikel

Setelah membeli domain dan sewa hosting, maka anda harus mempersiapkan beberapa artikel yang siap diposting. Setiap artikel dibuat berdasarkan kata kunci utama, unik, bukan hasil copy paste.  Kata kunci utama harus memiliki minimum 1.000 pencari/perbulan (google adword), dan memiliki pesaing <30.000 pesaing (google search).  Setiap artikel, disamping memiliki kata kunci utama.. siapkan juga 3 buah kata kunci tambahan untuk dijadikan SEO meta keyword dan tag. Kemudian buatkan ringkasan arikel (deskripsi) gunanya untuk SEO meta description.

4. Menginstall WordPress Melalui Cpanel

Selanjutnya menginstalasi wordpress melalui cpanel web hosting. Caranya login ke cpanel dengan cara mengetik url login cpanel anda di browser. Misalnya : http://www.namadomainanda/cpanel –> kemudian masukan username dan pasword anda dan akan tampil halaman cpanel. Pada bagian bawah halaman ada kolom Software/Service => lalu anda klik Fantastoco De Luxe, kwmudian anda akan dibawa ke halaman Fantastico lalu anda pilih WordPress. Selanjutnya ikuti dan isi beberapa form isian seperti nama direktori, username, pasword, admin, Judul Blog. Kalau sudah diisi semua lalu klik Install WordPress. Selesai ! Agar anda tidak lupa untuk login ke wordpress anda sebaiknya kopas data login- username dan pasword wp anda. Setelah itu logout dari cpanel.

5. Setting blog wordpress

Untuk masuk ke dasboard wp anda ketik di browser : http://www.namadomainanda/wp-admin, dan masukan username dan pasword login wp anda. Selanjutnya akan masuk ke halaman dasboard. Lakukan setting awal blog wp baru anda sebagai berikut :

a. Ganti theme default dengan theme yang cocok dengan selera anda,

b. Permalink, pilih custom, ketik /%postname%/

c. Privacy : pastikan blog anda dapat dilacak oleh mesin pencari

d. Setting >

  • umum : Tulis Judul Blog, Deskripsi, format Url, format tanggal dan waktu
  • diskusi : comment, trackback dll.
  • membaca : berapa halaman yang akan ditampilkan di home page
  • menulis : tentukan berapa baris mode edit. Tambahkan situs blog ping d halaman bawah.

e. Tambahkan beberapa plugin :

  • Google sitemap xml
  • All In One SEO Pack
  • Count Per Day

f. Posting

  • hapus default “Hello World”
  • hapus contoh halaman statis
  • posting artikel yang sudah dibuat
  • Isi form SEO Pack : Title, Description, dan Keyword seperti pada point 3
  • Isi Tag dan Categories pada bagian sidebar kanan dasboard wp
  • publish

g. Widgets : atur widgets sesuai keperluan.

h. Logout untuk keluar dashboard wp.

About Mulyaji Bin Raban, S.Kom.

Sekarang menekuni pekerjaan Part time sebagai IT Service Engineer di salah satu perusahaan software dari negeri tetangga dan Freelance di bidang Networking, Web Design & Automation.

Posted on 17 Agustus 2011, in Tutorial wordpress. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s