Internet Unlimited 3

Rupanya perang tarif provider seluller bukan hanya pada biaya SMS, Telpon (Panggilan) ternyata perang tarif ini mulai merambah ke layanan Internet. Mudah-mudahan ini bukan sekedar perang tarif tapi lebih kepada penyediaan internet murah yang bisa dijangkau semua kalangan untuk berbagi kepentingan online seperti facebook, twitter dll.

Kali ini yang menarik perhatian saya adalah 3 (Three) yang ternyata memberikan penawaran menarik untuk tarif internet unlimiteddengan harga super murah, cuma dengan Rp. 35.000 per bulan kita mendapat akses internet dengan kecepatan hingga 1,8 Mbps.

Dengan kuota mulai dari 500MB sampai 5GB, tri menawarkan solusi alternatif internet murah.

Cara daftar internet unlimited tri sangat mudah yaitu cukup dengan mengirim SMS ke 234 dengan format MAU <spasi> kuota, anda sudah untuk berlangganan internet unlimited 3. Berikut ini adalah cara daftar internet 3 beserta daftar paket internet 3 (tri) :

KIRIM ke 234 (gratis) Kuota/Bln Tarif/bln
MAU <spasi> 500MB 500 MB + bonus 125 MB Rp. 35 ribu
MAU <spasi> 1GB 1 GB + bonus 250 MB Rp. 50 ribu
MAU <spasi> 2GB 2 GB + bonus 500 MB Rp. 75 ribu
MAU <spasi> 5GB 5 GB + bonus 1.25 MB Rp. 125 ribu

Tarif  sudah termasuk PPN 10%

Untuk berhenti berlangganan internet tri, cukup kirim SMS ke 234 dengan formatSTOP (spasi) kuota, contoh anda berlangganan internet 3 paket 500MB, maka untuk berhenti berlangganan format SMS adalah : STOP (spasi) 500MB, kirim ke 234.

Setelah pemakaian internet melebihi kuota maka kita masih bisa menikmati layanan internet dengan kecepatan max 64kbps.

Pada dasarnya daftar internet tri ini sangat mudah, karena cukup melakukan SMS, kemudian nanti akan ada SMS balasan dari tri.

Bisa juga dengan cara dial ke *123# kemudian pilih paket yang kita inginkan.

Review Kecepatan Internet Unlimited 3

Selain murah tentu saja kecepatan akan menjadi ukuran kualitas layanan internet murah, dan inilah kecepatan internet tri yang saya dapatkan:

Speed 3Speed 3

Walau Sinyal HSPDA 1 Bar, kecepatan 3 bisa mencapat 178kbps

Kecepatan TriKecepatan Tri

Ini lebih mantap lagi, kecepatan internet 3 mencapa1 445.55kbps

Setting User dan Password Internet unlimited 3 (tri) Pada Modem

Untuk dapat menikmati akses internet 3 dengan kualitas broadband HSPDA maka perlu dilakukan setting untuk user dan password three  sebagai berikut:

APN : 3data
user : 3data
Password : 3data
Dial Number : *99#

Setting ini saya gunakan pada modem ZTE MF626

Bagaimana Cara Cek Sisa Kuota Pemakaian 3 Unlimited

Banyak dari teman-teman yang berkomentar bertanya bagaimana cara cek sisa kuota pemakaian internet 3, sayangnya sampai sekarang (setidaknya saat saya tulis artikel ini) tri belum menyediakan fasilitas untuk cek sisa pemakaian (quota 3), tapi seperti yang sudah saya sebutkan diataswalau quota unlimited 3 sudah habis anda masih bisa online dengan kecepatan maksimal 64kbps. Jika pemakaian internet 3 unlimited  sudah melebihi kuota maka akan ada SMS dari 3 yang isinya seperti ini

Name/Number: 9090
Time: 2010-07-04 21:09:28
Content: Kamu tlh melebihi kuota,kecepatan max 64kbps.Kirim FREE Nama Paket ke 234 utk dpt tambahan kuota dan kec.normal.Cth FREE 5GB ke 234 utk dptkan kuota 5GB(Rp99rb blmPPN).Pilihan:500MB,1GB,2GB,5GB.Info tarif:hub 200 atau tri.co.id/broadband

Kesimpulan Kecepatan Internet Tri

  1. Browsing lumayan cepat, walau membuka beberapa tab sekaligus.
  2. Halaman web yang mengandung file flash/animasi lainnya juga cepat tampil sempurna 100%
  3. Lancar membuka blogspot terutama saat berkomentar (karena saya bermasalah dengan Indosat 3G yang tidak bisa berkomentar pada blog yang menggunakan mode kotak komentar embeded bellow post).
  4. Lancar membuka YM (berbeda dengan Indosat 3G yang sering error / susah konek saat buka YM)

Pada intinya saya merasa cukup puas dengan kecepatan 3.

Tapi ingat, hasil yang saya dapatkan ini bisa saja berbeda dengan hasil yang akan anda dapatkan, karena akses internet dipengaruhi beberapa faktor seperti :

  1. Tersedia atau tidaknya jaringan 3G/HSPDA.
  2. Sibuk/padat atau tidaknya jaringan yang kita akses.
  3. Kualitas sinyal yang kita dapat.
  4. Hardware yang digunakan, terutama modem. Karena akses internet di PC menggunakan Hp sebagai modem akan berbeda kecepatannya jika dibandingkan dengan menggunakan modem 3G/HSPDA.

Catatan :

  • Kecepatan HSPDA saat ini hanya bisa dinikmati di wilayah Jakarta & Surabaya ( saya sendiri di bogor masih bisa mendapat HSPDA walau 1 bar).
  • 3G tersedia di wilayah Jakarta, Surabaya & Denpasar.
  • EDGE tersedia di seluruh jaringan tri Indonesia.
  • Tarif sudah termasuk PPN 10%
  • Langganan internet 3 diperpanjang otomatis per 30 hari.
  • Jika pulsa tidak mencukupi maka otomatis akan didaftarkan pada paket yang lebih rendah (contoh ketika pulsa tinggal 30 ribu, dan anda daftarkan paket 1GB, maka otomatis anda hanya akan mendapat kuota yang 500MB)

Itulah sedikit review tentang kecepatan internet 3, sengaja saya tidak menggunakan tools/web untuk cek speed internet karena kurang relevan mengingat koneksi internet akan turun naik, jadi saya lebih pilih melihat speed yang ditampilkan oleh software bawaan modem ZTE MF626.

Semoga saja para provider Internet Indonesia akan terus meningkatkan kualitas koneksi mereka, bukan hanya selama masa promosi apalagi cuma perang tarif.

Kesimpulan akhir (sementara) kualitas internet tri unlimited:

Kecepatan :
Lumayan stabil dan cepat termasuk buat streaming youtube (belum pernah saya rasakan lancar membuka video di youtube selama pakai Indosat 3G).
Download :
Ziddu, kecepatan saya dapat 10-20kbps.
Rapidshare, kecepatan three saya dapat 10-50kbps (download video ukuran 11,17MB). Untuk yang lain belum saya tes.

Harga :
Super murah, cuma 35 ribu perbulan bisa online sepuasnya, tentu saja kecepatan akan disesuaikan setelah melebihi kuota, tapi jika dibandingkan dengan provider lain jelas ini sangat murah.

Kemudahan :
Internet dari tri ini sangat mudah digunakan, cuma lewat SMS kita sudah bisa menikmati internet sepuasnya, tidak seperti beberapa provider lain yang mengaruskan membeli modem khusus (biasanya CDMA) yang di lock, atau tidak usah pakai acara beli perdana (harganya lumayan muahaal diatas 100ribu) seperti Telkomflash, Indosat M2.

Hasil yang saya dapat belum tentu sama dengan yang akan anda dapatkan, setidaknya buat saya saat ini tri yang terbaik apalagi jika dibanding Indosat 3G.

Semoga bermanfaat.

About Mulyaji Bin Raban, S.Kom.

Sekarang menekuni pekerjaan Part time sebagai IT Service Engineer di salah satu perusahaan software dari negeri tetangga dan Freelance di bidang Networking, Web Design & Automation.

Posted on 7 Oktober 2011, in Tips komputer. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s