Tips Sehat Bekerja di Depan Komputer

Jika Anda bekerja di rumah, di kantor atau sebagai internet maker kemungkinan besar Anda menghabiskan banyak waktu di depan komputer. Hal ini jelas sebagai rutinitas pekerjaan Anda. Perasaan bosan, lelah selalu menyertai sehingga dapat mengganggu stabilitas kesehatan dan produktifitas pekerjaan Anda . Ada beberapa tips sehat untuk Anda yang bekerja menggunakan banyak waktu di depan komputer :

  • Setting meja dan kursi kerja Anda agar lebih ergonomis

Pastikan Anda memiliki kursi yang nyaman dan mendukung mendapat posisi dengan baik untuk mengetik.Jangan meletakkan printer atau perangkat keras yang sering Anda gunakan terlalu jauh. Perhatikan juga jarak monitor Anda.

  • Perhatikan sirkulasi udara ruangan kerja Anda

Buatlah senyaman mungkin dengan sirkulasi udara yang baik akan membuat jauh lebih konsentrasi.

  • Jangan sekali kali makan atau minum diatas meja kerja Anda

Ini dapat membahayakan komputer atau laptop Anda. Bila terdapat makanan yang tumpah akan menyebabkan tumbuhnya bakteri di atas meja kerja Anda. Jelas mengganggu bukan?

  • Bersihkan mouse, keyboard dan perangkat lainnya secara berkala

Bersihkan perangkat tersebut agar jauh dari debu dan bakteri.

  • Jika anda merasa cukup lelah ada baiknya istirahatlah sejenak

Dengan istirahat diharapkan tenaga akan pulih kembali dan lakukan gerakan–gerakan ringan untuk merenggangkan kepenatan.

  • Rileks sejenak

Bila komputer anda tersambung dengan internet cobalah buka website favorit Anda pada saat istirahat. Atau sekedar mencari tips-tips sehat, bisa juga mencari resep makanan favorit Anda.

  • Buat sebaik mungkin rencana kerja Anda pada hari yang bersangkutan

Bisa juga untuk beberapa hari selanjutnya.

  • Bila sudah terlalu penat sebaiknya tunda pekerjaan Anda dan istirahatlah

Bila di teruskan akan menggangu konsentrasi pekerjaan Anda.

  • Bekerjalah dalam ruangan yang cukup cahaya

Perhatikan pencahayaan dalam ruang kerja, Jangan bekerja dalam ruangan yang terlalu terang dan menyilaukan mata. Gunakan kerai untuk mengatur cahaya dari jendela. Letakkan lampu di atas kepala. Hindari Anda menatap cahayanya secara langsung. Sebaliknya, jangan pula bekerja dalam ruangan yang terlalu gelap atau redup. Usahakan agar ruangan kerja cukup terang agar mata Anda tidak bekerja terlalu keras.

About Mulyaji Bin Raban, S.Kom.

Sekarang menekuni pekerjaan Part time sebagai IT Service Engineer di salah satu perusahaan software dari negeri tetangga dan Freelance di bidang Networking, Web Design & Automation.

Posted on 20 Desember 2011, in Artikel kesehatan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s