Menjadi Seorang Entrepreneur

Menjadi professional itu biasa, tapi untuk memutuskan menjadi seorang pengusaha itu luar biasa.

Apa jadinya, jika setelah lulus kuliah tidak mendapat pekerjaan yang sesuai cita-cita? Bagaimana pula bila ternyata berkarir di perusahaan membosankan? Mungkin menjadi entrepreneur adalah pilihan tepat.

Selain tidak harus memiliki modal besar, berprofesi sebagai entrepreneur bisa sejalan dengan minat & bakat. Berikut tips dari Wiweko Adi Nugroho, Managing Director Link & Beyond serta salah satu Badan Pengurus Pusat Kompartemen Energi HIPMI.

  1. Tentukan visi dan misinya.
  2. Membuka diri dengan segala informasi untuk menjadi seorang pengusaha. Bergaullah dengan orang-orang di sekitar Anda, seperti asosiasi, organisasi tertentu, bahkan informasi bisa diperoleh dengan browsing di piranti dunia maya.
  3. Manfaatkan akses atau jaringan yang dimiliki dengan maksimal. Namun, jangan terlalu pede dan berpikiran kalau memiliki network akan diberikan akses fasilitas lebih. Singkirkan pikiran seperti itu jika ingin menjadi seorang entrepreneur.
  4. Jangan takut mencoba untuk terjun di dunia bisnis.
  5. Jatuh bangun dalam membangun bisnis, itu hal biasa. Anggap saja hal tersebut sebagai uang sekolah. Sebab dengan demikian, kita tidak akan mengulangi kesalahan yang sama.
  6. Jangan beranggapan membangun bisnis itu selalu dengan modal yang besar. Dengan kemampuan intelektual, dan mampu memaksimalkan jaringan sosial bisa menjadi modal utama untuk membangun sebuah jaringan bisnis. Oleh karena itu, kita harus pandai membuat check list kartu nama, yang sekiranya memiliki potensi untuk menjadi partner bagi bisnis Anda.
  7. Jangan terlalu santai dalam membangun dan mengembangkan bisnis Anda. Meski ada anggapan, berbisnis memberikan kebebasan waktu bagi Anda, tahukah Anda? dengan pola berpikir santai dan kerja yang tidak maksimal, bisa berimbas pada efek bisnis Anda.
  8. Bangunlah sikap untuk bisa dipercaya oleh klien atau jaringan bisnis yang telah terbentuk.
  9. Bangunlah sebuah kepribadian yang memiliki karakter.
Sumber : marketplus.co.id

About Mulyaji Bin Raban, S.Kom.

Sekarang menekuni pekerjaan Part time sebagai IT Service Engineer di salah satu perusahaan software dari negeri tetangga dan Freelance di bidang Networking, Web Design & Automation.

Posted on 21 Desember 2011, in Berita karier, Karier, Tips karier. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s