Pilihan kamera DSLR Tahun 2012

Selamat tahun baru 2012. Masih mencari kamera DSLR di tahun ini? Atau ada yang kebetulan ingin ganti ke model yang lebih bagus tapi masih bingung mau memilih yang mana? Saya coba buat analisa ringan dari pilihan kamera DSLR di awal tahun ini untuk tiap segmen dan tiap rentang harga, siapa tahu bisa jadi panduan belanja anda atau sekedar menambah wawasan saja.

Tahun 2012 baru dimulai, tentunya barang yang saya tulis adalah buatan tahun 2011 atau lebih lama lagi, namun masih ada di pasaran. Kalau nanti ada barang baru di tahun ini pun rasanya belum langsung ada di pasaran, jadi saya pikir panduan belanja ini masih akan relevan sampai akhir tahun 2012.

Saya susun tabel diatas berdasar segmentasi pasar yaitu Pemula (beginner/basic), menengah (enthusiast/amateur) dan semi-profesional. Untuk pilihan produknya saya memang pasang merk Canon dan Nikon secara khusus, dan kolom satu lagi untuk merk lain termasuk kelas mirrorless sebagai pembanding saja.

Kelas Pemula

Segmentasi ini paling laris dan banyak diincar orang karena murah, gampang dipakai dan ukuran masih cukup kecil. Jangan salah, meski kelas pemula, kamera-kamera berikut ini punya hasil foto yang sangat baik berkat sensor resolusi tinggi. Pendapat saya di kelas ini adalah :

  • DSLR dibawah 5 juta memang jadi lahan manisnya Canon dengan EOS 1100D, praktis tanpa saingan berarti karena Sony A390 masih kurang kompetitif. Saya anggap EOS 1100D dijual terlalu murah, tapi ini kan kabar baik buat kita semua..
  • DSLR di harga 5 jutaan adalah segmen marketnya Nikon D3100 yang tanpa pesaing berarti, namun kini di toko tertentu muncul lagi Canon EOS 500D yang dijual dengan harga 5 juta juga (padahal semestinya sudah diskontinu). Bila anda mencari DSLR Nikon termurah, siapkan dana 5 jutaan dan bawalah D3100 ini pulang.
  • DSLR di harga 6 jutaan hanya dikuasai oleh Canon EOS 550D, menurut saya kamera ini adalahbest buy untuk pemula karena berimbang antara fitur yang lengkap dan harga yang masih wajar. Hebatnya lagi, tidak ada satupun produk Nikon yang bisa menyaingi harga EOS 550D ini.
  • DSLR kelas pemula termahal ada dikisaran 7 jutaan yang berimbang antara EOS 600D danNikon D5100, keduanya pun sudah memakai layar LCD lipat. Mana yang lebih baik diantara keduanya memang sulit untuk diputuskan, apalagi angka 7 jutaan ini hampir mendekati harga jual kamera dengan kelas yang lebih tinggi. Note : kebanyakan kamera mirrorless punya harga jual di kisaran 7 jutaan seperti Lumix G3 kit.

Kelas menengah

Segmen ini diminati oleh fotografer yang lebih serius dan perlu lebih dari sekedar kamera pemula. Ciri utama kamera di segmen ini adalah fitur lebih lengkap, banyak kendali eksternal, pakai pentaprisma yang lebih terang dan bodi lebih besar. Pendapat saya di kelas ini :

  • DSLR termurah di kelas menengah seharga 8 jutaan adalah Canon EOS 60D kit 18-55mm. Bila anda ingin kamera sarat fitur namun masih terjangkau, saya rekomendasikan EOS 60D dan bahkan bila membeli bodi only harganya bisa lebih murah lagi. Harap dicatat kalau EOS 60D bukan penerus dari EOS 50D secara spek dan fitur, karena EOS 60D adalah  spek-down dari EOS 50D. Jadi anggap saja EOS 60D adalah kakak dari EOS 600D, bingung kan?
  • DSLR best buy di kelas menengah dengan harga 9 jutaan menurut saya adalah Nikon D90kit 18-105mm yang meski buatan 2008 namun belum diskontinu. D90 ini secara fitur memang kalah dengan kamera yang lebih modern, namun sudah sangat mencukupi untuk kebutuhan fotografi umum seperti studio, wedding, jurnalistik maupun sekedar hobi. Apalagi dengan harga 9 jutaan lensa kit yang didapat sudah cukup panjang yaitu 18-105mm. Pesaing di harga yang sama adalah Sony SLT A65 kit 18-55mm yang memakai mirror transparan sehingga auto fokusnya tetap cepat saat merekam video ataupun live view.
  • DSLR terbaik di kelas menengah seharga 10 jutaan justru adalah Pentax K5 kit 18-55mm. Kamera ini lebih mahal dari EOS 60D dan Nikon D90 sehingga saya prediksi akan sulit meraih penjualan yang baik, meski spesifikasi dan fiturnya memang layak dihargai 10 juta karena Pentax K5 ini sangat baik dan weather sealed.

Kelas semi-profesional

Canon EOS 7D

Segmen ini ditujukan untuk kaum semi profesional, produk yang ada di pasaran diisi oleh persaingan panas antara Canon EOS 7D dan Nikon D7000. Meski secara harga tidak sama, namun perbedaannya cukup tipis yaitu :

  • 12 jutaan untuk Nikon D7000 kit 18-105mm
  • 14 jutaan untuk Canon EOS 7D kit 18-135mm

Awalnya sulit menentukan DSLR Nikon mana yang semestinya menghuni kelas semi-pro, apakah D7000 ataukah D300s. Tapi banyak pendapat yang bilang D7000 lebih modern dan sudah bisa menggantikan D300s dengan harga yang lebih terjangkau. Di sisi lain Canon EOS 7D banyak dikritik karena terlalu mahal dan belum full frame (banyak yang menyangka EOS 7D adalah seperti EOS 5D padahal beda tipe sensor, bingung lagi kan?). Kalau anda punya dana 12 jutaan, ambillah Nikon D7000 kit. Bila anda punya dana 14 jutaan, anda bisa pilih EOS 7D atau Nikon D7000 dan sisa dananya bisa buat aksesori lainnya. Kalau masih mau yang lebih mahal, ada Nikon D300s atau tunggu D400 yang konon akan diumumkan tahun ini juga.

Saya tidak membahas kamera DSLR kelas profesional dengan sensor full frame seperti Canon EOS 5D mark II atau Nikon D700 (yang rumornya akan digantikan dengan D80 di tahun ini).

Rekomendasi toko kamera garansi resmi harga bersaing :

www.oktagon.co.id

www.focusnusantara.com

www.tokocamzone.com

kota raya dan bhineka harga agak tinggi…

Itulah panduan dari saya untuk belanja kamera DSLR di tahun 2012 ini, (khusus untuk mbak mel, moga bisa bantu artikel ini).

 

 

About Mulyaji Bin Raban, S.Kom.

Sekarang menekuni pekerjaan Part time sebagai IT Service Engineer di salah satu perusahaan software dari negeri tetangga dan Freelance di bidang Networking, Web Design & Automation.

Posted on 6 Januari 2012, in Tips gaya hidup. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s