Solusi VOIP untuk UKM/SOHO

Dewasa ini, dunia telekomunikasi telah dikejutkan dengan pelbagai kemajuan teknologi yang mau tak mau, suka tidak suka, telah memaksa kita untuk mendefinisikan ulang konsep-konsep telekomunikasi tradisional. Salah satunya, adalah dengan adanya perkembangan internet dan teknologi yang menyertainya yang kadang membuat kita tidak siap dengan cara menyikapinya.

Tengok saja sejarah VOIP ketika pertama di perkenalkan secara masal oleh Onno W. Purbo. Pakar telekomunikasi ini, alih-alih diberi penghargaan oleh pemerintah karena menyediakan telekomunikasi murah, malahan dituduh “mencuri pulsa”. Berbarengan dengan itu pula, sejumlah penyedia layanan VOIP di blokir. Kita terhenyak, manakala dunia telekomunikasi yang sebelumnya hanya di kuasai segelintir pemodal besar, kini bisa dilayani oleh pengusaha kelas menengah saja.

Ketika kita masih asyik dengan teknologi selular (Handphone), teknologi telekomunikasi seakan tak mau menunggu dengan menggelontorkan sejumlah fitur-fitur baru seperti Video Call, dan lain-lain. Dengan teknologi telekomunikasi, kini dunia nyaris tanpa jarak.

Namun sejumlah orang Indonesia, masih enggan melirik, apalagi mengimplementasikan perkembangan teknologi ini. Sejumlah alasan yang masuk akal sering diajukan, diantaranya:

– Alat yang ada masih bagus, berjalan normal. Jadi untuk apa beli system yang baru?

– Apakah system yang baru dijamin dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan?

– Investasi untuk teknologi VOIP itu Mahal.

– Untuk apa sih menerapkan system baru kalau yang digunakan hanya fungsi standar nya saja.

Menanggapi keberatan-keberatan di atas, kami menawarkan sejumlah solusi yang memungkinkan anda untuk mencicipi teknologi VOIP dengan pelbagai kecanggihannya, tanpa menginvestasikan biaya yang mahal, bahkan dengan tetap dapat mempertahankan alat-alat yang ada. Termin antara ini memungkin anda tetap uptodate, tetapi dengan bijak mengambil langkah pasti menuju dunia teknologi telekomunikasi tanpa batas. Kami mengucapkan selamat datang pada anda untuk memasuki gerbang telekomunikasi Lintas Media, yang akan membuka cakrawala baru, yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya.

Investasi untuk teknologi VOIP itu Mahal?

Anggapan bahwa penerapan teknologi VOIP itu mahal ada benarnya. Paling tidak hal itu tahun yang lalu masih berlaku. Hanya produsen Merk ternama dengan harga Ribuan Dollar, yang mengeluarkan produk berbasis VOIP. Namun kini tidak lagi. Bahkan, dengan semakin mantapnya teknologi VOIP ini, sejumlah produsen telah mengeluarkan produk-produknya yang di sasar untuk kalangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) atau yang lebih kita kenal dengan SOHO (Small Office Home Office).

Apakah system yang baru dijamin dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan?

Wajar jika kita ragu atau kwatir, ketika ada sesuatu yang baru. Namun jika kita jeli mengamati, tentu kita semakin dapat mencermati bahwa dengan banyaknya produsen yang bermain di sektor ini menunjukkan bahwa teknologi VOIP telah memasuki tahap yang telah stabil dan dapat di andalkan. Tak kurang, AVAYA, NEC, ALCATEL, NORTEL, PANASONIC telah lama masuk di industri ini dan mulai mengajak pelanggan setianya untuk melakukan transisi ke teknologi VOIP ini.

Alat yang ada masih bagus, berjalan normal. Jadi untuk apa beli system yang baru?

Sering kali ini menjadi hambatan utama. Dengan membeli system yang baru maka system yang lama harus dibuang. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Dengan adanya teknologi yang bersifat modular, kita sebenarnya dapat secara bertahap mengimplementasikan teknologi VOIP ini tanpa membuang alat yang masih berfungsi dengan baik. Sambil tetap dapat menikmati kecanggihan dari system baru yang pada giliran nya dapat memberi kita ide-ide untuk kemajuan bisnis anda.

Untuk apa sih menerapkan system baru kalau yang digunakan hanya fungsi standar nya saja?

Anda sepenuhnya benar, jika anda telah menggunakan teknologi yang baru tetapi yang anda terapkan hanyalah fungsi-fungsi standar saja. Tetapi, jika anda belum mencoba, anda tentu tak pernah terpikir untuk mencoba menggunakan. Begitu anda sudah merasakan kegunaan nya dan sangat mendukung bisnis anda, maka kami yakin anda tak akan mau melepaskannya. Tengok saja sejarah kita. Dulu ketika handphone hanya bisa dipakai untuk bertelepon, siapa yang pernah berfikir bahwa suatu waktu orang tak dapat hidup tanpa ber-SMS. Dulu ketika belum ada Blackberry Messanger, tidak ada yang merasa perlu BBM. Tapi kini, kita menghadapi dunia berkumonikasi tanpa batas, yang terus membuka kemungkinan-kemungkinan baru dalam berkomunikasi.

Solusi yang di tawarkan untuk kelas UKM/SOHO adalah YEASTAR. Sebuah IP PBX dengan fitur lengkap dengan arsitektur terbuka dan bersifat modular. Ditawarkan dalam 3 model yakni: MyPBX GSM, MyPBX SOHO, dan MyPBX E1 dengan tujuan menyesuaikan kebutuhan pengguna. Seri E1 di tujukan bagi pengguna dengan kebutuhan Trunk E1 dan PSTN. Seri GSM ditujukan bagi pengguna dengan Trunk PSTN dan GSM. Sedangkan seri SOHO ditujukan bagi pengguna dengan kebutuhan extension terbatas (max 36 ext) dan trunk PSTN. Tentu saja kesemua seri ini sudah mensupport SIP Trunk unlimited. Dan dengan open SIP extension, maka anda dapat menggunakan SIP Phone dari merk manapun tanpa keharusan menggunakan Proprietary Phone sebagaimana yang diterapkan merk-merk ternama. Bahkan anda juga dapat menggunakan Softphone (software ip phone) sehingga menghemat budget.

MyPBX SOHO                                                     MyPBX GSM                                                           MyPBX E1

Yeastar IpPBX Series

Arsitektur terbuka dan bersifat modular memudahkan kita dalam mendesign PBX sesuai dengan kebutuhan kita.

Modular system of MyPBX series

Tentu saja dengan sejumlah fitur standar layaknya IPPBX

Fitur Standar MyPBX

Anda tidak perlu membuang system yang sudah ada, karena system yang baru dapat berintegrasi dengan system yang ada. Dan tentu nya dengan menambah fitur baru yang tak terbayangkan sebelumnya.

Remote Office Solution                                                                                     Remote Working Solution

Remote Office Solution from MyPBX Yeastar

Combine MyPBX with exist traditional PBX

Combine with old traditional PBX

Sumber : limko-indonesia.com

About Mulyaji Bin Raban, S.Kom.

Sekarang menekuni pekerjaan Part time sebagai IT Service Engineer di salah satu perusahaan software dari negeri tetangga dan Freelance di bidang Networking, Web Design & Automation.

Posted on 10 Januari 2012, in Tips komputer. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s