Menurunkan Tekanan Darah dengan Berenang

RENANG merupakan salah satu jenis olahraga yang menyenangkan. Bukan hanya membuat tubuh menjadi sehat dan bugar, ternyata renang juga memiliki manfaat lain yaitu untuk menurunkan tekanan darah. 

Dalam penelitian yang dikutip dari Wall Street Journal, dikatakan bahwa berenangdapat mengurangi tekanan darah dan menaikkan kesehatan pembuluh arteri pada orang dewasa.

Penelitian tersebut dilakukan dengan merangkul 43 relawan Texas yang berusia 50-80 tahun yang dibagi ke dalam dua kelompok.
Kedua kelompok tersebut diberikan latihan renang selama 12 minggu sebagai terapi. Dalam kelompok pertama diberikan latihan renang selama 15-45 menit selama 3-4 hari setiap minggu. Sedangkan untuk kelompok lainnya hanya mendapatkan latihan peregangan dan juga relaksasi.
Dari hasil penelitian disebutkan, tekanan darah sistolik pada kelompok pertama mengalami penurunan sebanyak 7 persen. Selain itu pembuluh arteri mereka juga menunjukan tanda-tanda lebih elastis dan responsif terhadap perubahan aliran darah. Sedangkan pada kelompok kedua, hasil menunjukkan tidak adanya perubahan tekanan darah secara signifikan.

About Mulyaji Bin Raban, S.Kom.

Sekarang menekuni pekerjaan Part time sebagai IT Service Engineer di salah satu perusahaan software dari negeri tetangga dan Freelance di bidang Networking, Web Design & Automation.

Posted on 14 Maret 2012, in Tips kesehatan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s