Tips Bekerja Langgeng di Perusahaan Anda

Bisa bertahan lama bekerja di suatu perusahaan merupakan harapan semua karyawan, kecuali bagi karyawan yang sangat pembosan dan selalu membutuhkan suasana baru. Tapi untuk dapat bertahan lama bekerja di suatu tempat adalah hal yang sulit. Memang, ada kalanya karyawan tidak bisa bertahan lama karena hal-hal di luar keinginannya, seperti perusahaan ambruk atau bangkrut dan adanya perampingan karyawan (PHK).

Namun terlepas dari masalah bangkrut atau PHK, karyawan sebenarnya bisa bertahan lama bekerja. Paling tidak ada kiat tersendiri agar Anda bisa terus bekerja di suatu tempat hingga usia Anda layak pensiun. Berikut ini kiatnya:

Cintailah pekerjaan
Ini merupakan modal utama untuk bertahan lama. Maka mulailah dengan cinta. Dengan cinta, pekerjaan tidak akan menjadi beban. Segala resiko pekerjaan baik yang ringan maupun berat dapat Anda terima sebagai sesuatu yang wajar dan tidak memberatkan. Anda akan selalu tersenyum setiap kali menyongsong pekerjaan. Pokoknya pekerjaan akan terasa ‘ringan’ dan menyenangkan. Nah Anda yang mulai ‘bete’ dengan kerjaan Anda, cobalah untuk mencintai pekerjaan Anda saat ini.

Pahami visi dan misi perusahaan
Dengan memahami visi dan misi perusahaan, Anda akan mengetahui secara pasti apa yang harus Anda lakukan. Sehingga apa yang Anda lakukan benar-benar sesuai dengan harapan perusahaan. Tanpa memahaminya, Anda tidak memiliki panduan yang jelas dalam bekerja. Sehingga bisa jadi harapan Anda akan berseberangan dengan perusahaan. Maka, untuk mencegah kemungkinan tersebut pahami visi dan misi perusahaan Anda.

Pahami budaya perusahaan
Bagaimanapun, karyawan adalah tamu bagi sebuah perusahaan. Selama apapun Anda bekerja atau katakanlah Anda sudah layak disebut ‘senior’ status Anda tetaplah sebagai pekerja atau karyawan yang harus menghormati dan menghargai budaya perusahaan. Anda harus menyesuaikan sikap, perilaku, cara bekerja, bergaul dan sebagainya dengan budaya perusahaan.

Kembangkan hubungan sosial
Jangan lupa, dalam bekerja Anda tidaklah sendirian. Masih ada orang lain yang merupakan rekan kerja Anda. Karena tentu saja kesuksesan karir yang Anda raih tidak terlepas dari keterlibatan mereka. Jadi, Anda tidak boleh mengabaikan mereka. Kembangkan hubungan sosial di lingkungan kerja Anda. Jika hubungan Anda dengan lingkungan terjalin baik maka jalan untuk meraih sukses pun akan lebih mulus ketimbang Anda tidak mengembangkan hubungan sosial.

Kenali atasan Anda
Bagaimanapun, peran dan fungsi atasan sangat menentukan kelangsungan karir Anda. Karena itu, sangat dianjurkan jika Anda mengenali dan memahami atasan Anda baik karakter, watak, sifat, dan keinginan-keinginannya. Dengan demikian Anda tidak kesulitan menyesuaikan diri dengan atasan. Jika Anda berhasil menyesuaikan diri dengannya maka Anda akan lebih mudah bekerja sama dan menjadi tim yang solid dengan bos. Sehingga Anda pun memiliki posisi tawar yang tinggi di mata bos.

Nah, bagi Anda yang ingin bertahan lama di suatu perusahaan, tidak ada salahnya jika Anda ikuti kiat tersebut. Tapi tentu saja ini tidak berlaku bagi Anda yang lebih suka bekerja sendiri atau wiraswasta. Jadi, kalau Anda ingin langgeng bekerja di perusahaan mulai sekarang coba praktekkan kiat di atas. Semoga berhasil

About Mulyaji Bin Raban, S.Kom.

Sekarang menekuni pekerjaan Part time sebagai IT Service Engineer di salah satu perusahaan software dari negeri tetangga dan Freelance di bidang Networking, Web Design & Automation.

Posted on 4 Mei 2012, in Tips karier. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s