6 Rahasia Jika Ingin Perut Rata

setiap orang pasti ingin mempunyai fisik yang bagus, entah pria atau wanita. Dan yang umum menjadi nomor satunya adalah tubuh bagian tengah yaitu perut. Entah anda wanita yang hanya ingin agar perutnya bisa rata dan kencang atau anda pria yang ingin menghilangkan bantal diperut anda dan membentuk enam kotak diperut, itu semua berarti kita membuat perut kita lebih baik, lebih sehat dan lebih menarik.Banyak yang memulai membentuk perutnya dengan cara yang salah. Seringkali terlihat orang-orang bekerja keras membentuk perutnya tetapi tidak bekerja benar untuk membentuk perutnya itu.

Untuk mempercepat anda mengerti, ini adalah 6 tips cepat untuk anda pahami bagaimana membentuk perut yang rata dan kencang.
1.    Mengerti problem perut anda
2.    Makan yang bersih
3.    Tingkatkan suplementasi Minyak Ikan
4.    Jangan minum kalori anda
5.    berlatihlah secara metabolik, tidak secara aerobik
6.    Gunakan latihan Atletik

1.    Mengerti problem perut anda

Perhatikan bahwa perut anda terlihat besar bukan karena otot anda, tetapi karena lemaknya. Karena itu latihan yang tepat adalah latihan yang membakar lemak. Bukan latihan yang melatih otot (bukan berarti tidak boleh melatih otot perut anda loh).
Banyak orang pergi ke gym 3-4 kali seminggu atau bahkan setiap hari dengan asumsi semakin lama di gym akan menghilangkan lemak semakin banyak.
Selain itu melakukan ratusan crunch tidak bisa menghilangkan lemak diperut anda karena crunch berguna untuk melatih otot perut, bukan untuk menghilangkan lemak.

Latihan yang bisa menghilangkan lemak adalah dengan latihan kardio seperti jogging, sprint atau angkat beban yang menggunakan banyak stamina seperti Circuit Training.
Selain itu diluar gym, pola makan juga sangatlah mempengaruhi anda.

2.    Makanlah yang Bersih

Mungkin ini sedikit tidak menyenangkan, tetapi kalimat ini benar “Anda tidak bisa makan apa yang anda inginkan dan sekaligus memperoleh tubuh yang anda inginkan”.
Banyak makanan enak yang kita hadapi itu mengandung kalori yang berlebihan.
Mungkin ada yang berargumen, “saya makan enak dan berlemak, tapi kemudian akan diet tidak makan seharian.” Yang perlu diingat, ketika anda tidak makan maka metabolisme anda akan menurun dan akhirnya pembakaran lemak akan sedikit.

Lalu kalau anda tetap teruskan maka anda bisa jatuh sakit. Dan sebenarnya anda akan jadi kurus bukan karena tidak makan, tetapi karena sakit.
Ini panduan makanan yang bersih dan bisa membantu anda mengurangi lemak:
•    Makan protein yang bersih seperti dada ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa

lemak, putih telur dan susu whey isolate.

•    Makan telur omega 3
•    Kurangi atau hilangkan konsumsi susu sapi
•    Makan sayur yang banyak. Dimakan mentah atau rebus sebentar.
•    Makan buah, tapi jangan terlalu banyak. 1-2 porsi sehari maksimum karena

buah juga masih ada kandungan gulanya

•    Jangan makan lemak. Terutama saat anda makan sate, minta yang daging

saja.
•    Tetapi jangan takut dengan lemak yang sehat seperti minyak ikan salmon

atau kacang.

3.    Tingkatkan suplementasi Minyak Ikan

Jika anda belum mengonsumsinya, cobalah. Minyak ikan sangat bagus dalam kandungan omega 3. faktanya, ketika anda mengonsumsi omega 3, maka produksi insulin akan terpengaruh sehingga penumpukan lemak dikurangi dan lebih banyak lemak tubuh anda yang dibakar.

4.    Jangan minum kalori anda

Ini sangatlah penting. Minuman berkalori sangat mudah dikonsumsi dan tanpa sadar anda sudah memasukkan banyak sekali gula dalam tubuh anda. Banyak orang merasa sudah melakukan diet ketat tetapi lupa pada minuman yang diminumnya setiap hari.
Beberapa minuman yang membawa segerobak gula adalah:
•    Minuman ringan/soda
•    Jus buah (buahnya sendiri mungkin sehat, tetapi campuran gulanya itu

wow!)
•    Susu sapi murni
•    Berbagai produk minuman yang menggunakan susu seperti es krim,

sundae.
Beberapa minuman yang disarankan adalah:
•    Air putih
•    Air putih
•    Sekali lagi Air putih
•    Ok green tea juga bagus, tanpa gula tentunya

5.    Berlatih Secara Metabolik, bukan secara Aerobik!

Ingat tujuan awal kita adalah menyingkirkan lemak. Karena itu yang perlu anda lakukan adalah pelatihan yang meningkatkan metabolisme anda dan ini bisa anda peroleh dengan melakukan latihan yang lebih tinggi intensitasnya seperti Circuit Training, Sprinting (lari cepat), Interval Training (HIIT).

Berlari-lari kecil di treadmill selama satu jam tidaklah terlalu berguna untuk membakar banyak lemak. Karena begitu anda selesai, maka metabolisme anda sebenarnya tidak terlalu tinggi. Tetapi jika anda melakukan latihan metabolik seperti Circuit Training atau HIIT. Metabolisme anda akan naik dan bertahan lama sehingga membakar lebih banyak lemak, bahkan saat anda sudah selesai berlatih dan pulang. Ini yang disebut ABE (After Burning Effect).

Jika anda berlatih 5-6 kali seminggu, saran saya lakukan latihan ringan untuk 2 hari diselanya sebagai waktu untuk pemulihan.

6.    Gunakan Latihan Atletik

Anda mungkin sudah membaca artikel 6 Latihan Atletik untuk Membentuk Six Pack. Disana dijelaskan beberapa jenis latihan yang sangat bagus untuk membuat anda bisa memiliki perut six pack yang tajam.

ada beberapa tips dari sumber yanga lain, Berikut ini kiat menjadikan perut rata tanpa harus berkorban banyak, seperti dilansir Plurielles.

1. Luangkan waktu untuk makan

Jika sedang sibuk, kita sering kali makan dengan waktu cepat atau tanpa mengunyah.

Makan dalam waktu sebentar dan tanpa dikunyah adalah larangan besar jika ingin mendapatkan perut yang rata.

Luangkan waktu yang cukup selama 30-40 menit untuk makan agar perut tidak kembung dan bengkak. Kunyah setiap suap makanan secara perlahan, jangan ditelan cepat-cepat. Sebab ketika mengunyah makanan lebih lama akan menghasilkan air liur yang lebih banyak pula.

Dalam air liur terkandung enzim ptialin yang dapat membantu proses pencernaan makanan dengan memecah pati (tepung) menjadi potongan-potongan gula yang larut air.

Mengunyah lebih lambat juga membantu mengurangi jumlah udara yang masuk dalam mulut ketika Anda makan. Alhasil, Anda terhindar dari kembung.

2. Jangan bicara ketika makan

Makan terlalu cepat, berbicara, atau tertawa ketika makan akan membuat udara masuk ke dalam perut dan mengakibatkan kembung serta berkumpulnya gas di dalam lambung. Jika ingin memliki perut rata, jangan makan sambil bicara.

3. Minum air
Untuk menjaga perut rata, penting untuk minum banyak air. Air dapat mencerna serat makanan lebih baik. Jadi, minumlah air putih, teh, atau teh herbal secara teratur, tapi tanpa disertai dengan makanan.

4. Hindari minuman ringan dan bersoda

Lebih baik batasi atau hindari sama sekali minuman ringan dan bersoda. Gas yang dihasilkan oleh minuman itu dapat terjebak di perut dan membuat perut mengembung.

5. Jangan mengunyah permen karet

Ketika mengunyah permen karet, Anda menelan udara dalam jumlah besar. Udara akan masuk langsung ke dalam perut dan mengakibatkan kembung.

6. Batasi makanan olahan

Hindari makanan siap saji, kue, kue kering, keripik, pastry, crackers karena mengandung banyak garam yang dapat menyebabkan kembung dan retensi air (kelebihan air). Makanan tersebut juga kaya gula dan lemak trans jahat yang dapat menetap dan tertimbun di dalam perut dalam jangka waktu lama.

About Mulyaji Bin Raban, S.Kom.

Sekarang menekuni pekerjaan Part time sebagai IT Service Engineer di salah satu perusahaan software dari negeri tetangga dan Freelance di bidang Networking, Web Design & Automation.

Posted on 28 Juni 2012, in Tips kesehatan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s