Menggunakan IP address berbeda di setiap client NComputing

Salah satu kelemahan menggunakan NComputing ialah setiap client Ncomputing yang digunakan akan memiliki IP address yang sama dengan IP address pada server NComputing kita.

Hal ini akan membatasi user dalam menggunakan beberapa program yang membutuhkan alamat IP berbeda seperti programIPMsg (IP based messeging), print control, software auditing dan program lain yang berbasis jaringan.

Supaya NComputing dapat menggunakan IP address yang berbeda satu dengan yang lainnya, maka kita harus terlebih dahulu menginstall program NComputing IP Utility yang disediakangratis dengan mendownloadnya dari situshttps://www.modularmerchant.com/clients/vspace_software.

Untuk mendownload dan memakainya anda terlebih dahulu harus mendaftar dan memilih software tersebut (NIU) pada alamat website diatas. Setelah itu anda menerima nomor key atau registrasi melalui E-mail beserta link download program tersebut (Bila program NIU tidak diregistrasi via internet maka program hanya akan berfungsi selama 30 hari).

Yang perlu diperhatikan, karena pemprosesan konfigurasi NIC ini dilakukan di Windows secara individual dan berurutan (sequential) maka semakin banyak client yang kita miliki akan menambah waktu booting server kita. Semntara untuk File Sharing di Windows akan tetap menggunakan pengaturan global.

System Requirement NIU:

  • Ncomputing Type X-series ataupun L-series
  • DHCP server
  • vSpace v4.4.2.2 atau yang lebih baru
  • Windows XP Professional atau Windows Server 2003
  • Sambungan Internet untuk registrasi software

Tutorial cara menginstall Ncomputing IP Utility:

Jalankan file instalasi “NiuInst.exe” lalu akan muncul EULA software, pilih I agree lalu tekan tombol Next untuk melanjutkan.

Kemudian muncul layar window untuk memilih network card yang akan digunakan sebagai host, pilih yang sesuai dengan spesifikasi komputer anda.

Tutorial installasi NIU di Windows

Setelah itu muncul layar untuk menentukan jumlah IP address yang akan dialokasikan untuk perangkat NComputing anda (pilih sesuai kebutuhan)

Cara buat IP address berbeda di setiap client NComputing

Aplikasi NIU akan memproses pilihan anda, dan bila telah selesai akan meminta anda untuk memasukkanActivation Key program (bisa dilewati dan dilakukan lain kali), setelah selesai restart komputer anda

Screenshot install NComputing Ip address utilityScreenshot setelah berhasil menginstall NIU

Untuk cara penginstalan dan pemasangan NIU secara lengkap bisa dilihat dimanualnya. Semoga berguna.

Tampilan setelah installasi NIU:

Gambar Network properties Ncomputing di Windows XPGambar NIU IP utility information

Sumber : infoteknologi.com 

About Mulyaji Bin Raban, S.Kom.

Sekarang menekuni pekerjaan Part time sebagai IT Service Engineer di salah satu perusahaan software dari negeri tetangga dan Freelance di bidang Networking, Web Design & Automation.

Posted on 29 Agustus 2012, in Artikel komputer. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s