NComputing (kelebihan & kekurangan)

Ncomputing ialah terminal pertama di dunia yg tidak membutuhkan CPU, hard-drive, atau CD-ROM dan dapat dipergunakan sama seperti PC biasa.

Dengan teknologi bernama Ncomputing exclusive UTMA (Ultra Thin Multi-Access), ‘Ncomputing’ dapat meng-ekspansi PC  sampai 10 terminal komputer. (sampai 30 client dengan Windows Server 2003 atau 2000 Server. Unlimited terminals dengan operating sistem Linux tertentu).

Teknologi diatas dimungkinkan karena kecepatan prosessor & besarnya kapasitas memory yang saat ini beredar dipasaran sebenarnya tidak pernah digunakan secara maksimal dalam pemakaian aktivitas normal, sehingga hanya diperlukan satu CPU sebagai server untuk menjalankan banyak terminal client (terdiri dari monitor, mouse, keyboard, dan terhubung ke LAN)

Ncomputing saat ini biasa digunakan di sekolah-sekolah, warnet, dan kantor karena biasanya tidak memerlukan kecepatan komputer yg maksimal. Iklan mengenai Ncomputing tidak selamanya dapat dipercaya karena setelah saya melakukan riset lewat google, dan juga forum resmi NComputing sebelum memutuskan menggunakan alat ini, saya menemukan kekurangan dan masalah di NComputing.

Dan setelah berkesempatan menerapkan sistem Ncomputing di dalam perusahaan, saya akan me-review Ncomputing disertai kelebihan dan kekurangannya :

Kekurangan Ncomputing :

Bila kita menggunakan OS selain Windows XP, indows Vista dan Windows Server 2008 sudah didukung di versi vSpace terbaru.

Sedangkan untuk OS Linux yang didukung hanya penggunaan Ubuntu 8.04 dan itupun sulit sekali untuk menemukan software dan panduan menginstallnya karena tidak disertakan dalam CD software tsb.

Untuk software pendukung NComputing digunakan  program bernama Vspace, ada masalah yang  saya rasa cukup mengganggu karena kita harus menonaktifkan Windows update kita, mengupdate windows bisa menyebabkan tidak bisa berfungsinya terminal NComputing bila file seperti win32k dan teman2-nya diupdate.

Antivirus hanya bisa menggunakan Avast versi 4.x, karena setelah mencoba menginstall Avira ataupun Comodo AV, Client NC tidak bisa terhubung ke Server NC.

Kelebihan NComputing :

Lebih murah dibandingkan kita membeli PC baru dan juga lebih efiesien (listrik),

Update 1 :

Untuk Avira bisa diinstal dengan menyeting port (Avira versi Professional), dan Antivirus ESET NOD32 v3.0 menurut komentar pengguna juga bisa digunakan
Update 2 :
Saat ini untuk software pendukung NComputing versi terbaru yaitu vSpace 5.1.3.12 sudah mendukung Windows Vista, Windows 7 dan Windows Server 2008 (untuk Windows Server 2008 R2 telah disupport dengan versi terbaru vSpace pada Maret 2011) tetapi untuk efek Aero tidak akan bisa dipakai, dan anda harus meregistrasikan / membayar licensi (ke Microsoft) untuk setiap terminal NComputing anda.
Update 3 :
Ncomputing bisa digunakan di Ubuntu 8.10 untuk tipe L130 and L230, dan Ubuntu 10.04 dapat digunakan untuk tipe L300, U-series, dan X350/X550.

Untuk proses instalasi dan registrasi program Vspace bisa lihat di post Cara Memasang (Instalasi) Ncomputing Di Warnet Atau Perusahaan dan untuk pengaturan IP address bisa dilihat di post Menggunakan IP berbeda di setiap client NComputing

Sumber : http://www.infoteknologi.com

About Mulyaji Bin Raban, S.Kom.

Sekarang menekuni pekerjaan Part time sebagai IT Service Engineer di salah satu perusahaan software dari negeri tetangga dan Freelance di bidang Networking, Web Design & Automation.

Posted on 29 Agustus 2012, in Artikel komputer. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s