Penyebab lambatnya sistem kerja komputer

Siapa tak senang jika mendapatkan laptop atau PC yang baru. Apalagi spesifikasi di dalamnya benar-benar mulus. Ketika Kita mencoba menjalankan suatu aplikasi, performa akan computer Kita benar-benar bisa diacungi jempol. Namun, lama-kelamaan performa akan computer Kita semakin lama semakin lambat. Hingga benar-benar lambat. Apa yang terjadi dengan computer Kita? Apakah Kita harus membuangnya dan menggantikan dengan yang baru?

Kebanyakan dari Kita mungkin menganggap bahwa ini adalah sebuah virus. Namun tidak demikian. Belum tentu computer yang kinerjanya lambat disebabkan oleh virus-virus yang bergerombol. Lantas, apa yang menyebabkan computer memiliki performa yang lambat.

Berikut akan dibahas masalah-masalah yang menyebabkan kinerja computer menjadi lambat.

  • Masalah yang paling utama adalah di dalamnya terdapat virus, spyware, dan Trojan.
  • Banyak terdapat registry yang rusak.
  • Banyak terdapat Temporary Internet Files yang bisa mengakibatkan memory penuh.
  • Banyak terdapat start up program.
  • Susunan disk drivenya tidak beraturan karena tidak pernah didefragmenter.
  • Banyak service yang tidak dibutuhkan menyala.
  • Anti-Virus ada yang sedang berjalan (Scanning otomatis setelah start up).
  • Banyak program dobel. Misalnya CorelDRAW X3 dan COrelDRAW X5 terpasang bersama. Hal ini bisa mengakibatkan computer crash.
  • Komputer yang tidak memiliki VGA dipaksakan untuk menjalankan Windows Aero yang seperti Kita ketahui bahwa Windows Aero dapat bekerja dengan baik apabila ada Graphic Card minimal 128MB.
  • Antara OS dan spesifikasi yang ada tidak mumpuni. Misal Intel Pentium kecepatan 1,3 GHz tetapi terpasang OS Windows 7.

Lantas, bagaimana cara mengatasi masalah-masalah diatas. Tenang. Jangan tergesa-gesa. Berikut akan diulas cara-cara untuk mengatasi masalah-masalah diatas.

  • Scan habis virus, spyware, dan Trojan yang ada. Disarankan untuk memakai McAfee AntiVirus Enterprise untuk membasmi virus dan Trojan dari luar, Super AntiSpyware untuk menghapus spywarenya, dan Smadav untuk anti virus yang di dalam negeri. Klik disiniuntuk download super AntiSpyware dan download samadav dengan mengklik banner smadav yang ada di kotak bagian kanan.
  • Registry yang rusak, dapat diperbaiki dengan menggunakan Glary Utilities. Anda bisa mendownloadnya dengan mengklik disini.
  • Temporary Internet Files merupakan file sampah. Cara menghilangkan adalah Klik kanan pada Harddisk system (biasanya partisi C:) lalu cari pilihan disk cleanup tunggu hingga proses selesai dan delete files.
  • Untuk mengatasi masalah start up program, klik start>run>msconfig. Cari tab Startup lalu hilangkan centang pada program yang tidak dibutuhkan. Untuk melakukan hal ini, tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Harus butuh pemikiran. Jadi, untuk masalah yang ini saya sarankan agar Anda bertanya melalui komentar atau e-mail Kami.
  • Terkadang, sebuah computer harus di disk defragment minimal 2 minggu sekali. Namun, kebanyakan user computer tidak mengetahui hal ini. Untuk defragment, sebenarnya sudah ada programnya bawaan dari Windows. Namun, alangkah lebih baiknya apabila Anda menggunakan program yang bernama O&O Defrag untuk hasil yang lebih maksimal.
  • Untuk service, kasusnya juga sama seperti pada startup. Hanya saja pada saat tampil tampilan Microsoft configuration (setelah mengetikkan msconfig pada run) cari tab yang bernama services. Tindakan ini juga perlu hati-hati. Disarankan agar Anda bertanya melalui kotak komentar atau e-mail Kami.
  • Banyak orang juga tidak mengetahui bahwa automatic scanning setelah startup dapat memberatkan kinerja computer. Lebih baik hal ini dimatikan saja. Pengaturannya tergantung antivirus masing-masing.
  • Program yang dobel sebaiknya dihilangkan salah satu yang tidak cocok dengan hati Anda.
  • Jangan menggunakan fasilitas Windows Aero jika tidak memiliki VGA card yang mumpuni. Pemaksaan dapat membuat kerusakan pada hardware terutama processor karena dipaksa bekerja secara berat. Lebih baik menggunakan Windows Basic daripada pemaksaan menggunakan Windows Aero.
  • Sesuaikan antara spesifikasi dan OS yang Anda inginkan. Jangan minta Windows Vista ataupun Windows 7 Ultimate jika kecepatan processor Anda kurang dari 2,0 GHz (satu inti).

Semoga berguna. .

About Mulyaji Bin Raban, S.Kom.

Sekarang menekuni pekerjaan Part time sebagai IT Service Engineer di salah satu perusahaan software dari negeri tetangga dan Freelance di bidang Networking, Web Design & Automation.

Posted on 24 Oktober 2012, in Tips komputer. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s