Godaan dalam menyusun Skripsi

Berbagi pengalaman untuk teman yang masih pending skripsinya, saya bisa menulis disini pastinya karena saya sudah selesai sidang dengan nilai B, perjuangan mulanya sangat berat, harus berjuang memerangi rasa malas dan alasan klise banget (sibuk kerja), saya  sering mendenger dari teman sekelas yang sampai sekarang masih mandek  nyusun skripsi,mereka kebanyakan mengeluh sulit, walaupun gak semua, tapi dari survey  hampir 80% mahasiswa tahap akhir mengeluhkan susahnya nyusun skripsi.

Sebenernya gak sesulit itu, maksudnya, sulit tapi klo di kerjain dan di jalanin dengan niat dan semangat semua bisa berjalan lancar . Itu tergantung usaha dan kemauan.

Kendala yang paling jelas terlihat dalam menyusun skripsi adalah kurangnya niat dan kemauan, sehingga usaha yang dilakukan pun kurang maksimal. Terkadang seorang mahasiswa sudah dibikin pusing sama pikirannya sendiri [apa saya bisa] ya pasti bisa .. kalau  sibuk berpikir bahwa skripsi itu susah, maka yang terekam di pikiran kita skripsi itu susah.

Peribahasa berkata “musuh terbesar dalam hidup ini adalah diri kita sendiri”, menurut saya peribahasa itu benar. Dalam hal menyusun skripsi, yang menghambat kita bergerak adalah diri kita sendiri, pikiran kita sendiri. Lalu bagaimana mengatasi itu semua?

Yang harus kita lakukan adalah menata niat dan membangun sebuah motivasi, apa yang menjadi motivasi kita untuk meraih gelar sarjana? apa target hidup kita? itu penting, dengan mengetahui apa rencana ke depan kita akan bisa menyusun langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menggapai semua itu, salah satunya dengan segera menyelesaikan skripsi sebagai syarat meraih gelar sarjana.

Kendala kita dalam menyusun skripsi ada di diri kita sendiri.

1. Tata niat kita dengan benar.

2. Bangun semangat melalui motivasi.

3. Tentukan target pencapaian dan buat time schedule.

4. Perbanyak diskusi, baca buku dan Browsing.

5. Hindari berteman dengan orang  yang sering mengeluh tentang skripsi,

     mereka itu akan  membuat anda terpengaruh untuk mempersulit diri

     sendiri.

AYOO…ADIK ADIK KU SEMUA SEMANGAT !!!! ORANG YANG BERHASIL ADALAH ORANG ORANG BODOH YANG PUNYA SEMANGAT BESAR BUKAN ORANG ORANG PINTAR YANG TIDAK PUNYA SEMANGAT.

About Mulyaji Bin Raban, S.Kom.

Sekarang menekuni pekerjaan Part time sebagai IT Service Engineer di salah satu perusahaan software dari negeri tetangga dan Freelance di bidang Networking, Web Design & Automation.

Posted on 25 Maret 2014, in Tips Kuliah. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. kalau sudah punya niat besar dalam mengerjakan suatu TA namun terbentur sama dosennya yang hanya masuk seminggu sekali gimana pak ?
    saya pun telat dalam pembuatan tugas akhir

    tolong pencerahannya🙂

    • Mulyaji Bin Raban, S.Kom.

      Mas Rahmad terimakasih sebelumnya sdh baca artikel saya, saya punya pengalaman seperi anda, dosen pembimbing jarang ke kampus atau saya sendiri yg sibuk dg pekerjaan sehingga tdk ada waktu ke kampus, tips saya : buat janji(tlp atau sms)dg dosen kapan bisa ktemu untuk bimbingan skripsi,kalau dosen seminggu sekali ke kampus solusi nya kita bisa dateng ke rumah dosen, itu pun klo dosen gk keberatan, solusi lain adalah ganti dosen pembimbing yg intens ke kampus, smoga bisa membantu, semangat pantang menyerah itu kuncinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s