10 Software Desain untuk Arsitek

Jika Anda seorang arsitek profesional atau mahasiswa arsitektur yang mencari cara untuk membuat pekerjaan Anda jauh lebih mudah dalam merancang, ada software desain arsitektur yang dapat memenuhi semua kebutuhan tersebut. Anda dapat menggunakan software ini untuk membantu dalam sebuah proyek dan bahkan dalam memulai untuk mendesain rumah sendiri di masa depan. Software ini dapat membantu kita dalam membuat desain 2D atau 3D dan kebanyakan memiliki fitur otomatis untuk membuat desain lebih mudah. Mereka datang dalam berbagai jenis di sesuai dengan kebutuhan Si perancang. Bahkan ada software yang dapat digunakan oleh pemula dan mereka yang memiliki sedikit pengalaman dalam desain arsitektur. Selain itu ada juga beberapa fitur-fitur canggih dan mengharuskan seorang arsitek yang berpengalaman untuk mengoperasikan dan memahami software tersebut. Dalam daftar 10 besar Software Desain arsitektural untuk Arsitek, Saya meyajikan beberapa software arsitektur terbaik yang mudah digunakan dan dipahami oleh seluruh calon desainer maupun mahasiswa yang baru mulai menjelajahi dunia perancangan.

10. Microstation
10 Microstation

Ada banyak orang yang menggunakan software ini karena kestabilannya ketika masuk ke platform aplikasi itu dapat bekerja tidak seperti perangkat lunak lain. Mereka juga dirasakan lebih mudah untuk digunakan. Ada beberapa masalah menggunakan software ini, kompatibilitas dan dapat menyebabkan beberapa masalah alur kerja kepada user. Beberapa gambar dari AutoCAD tidak dapat dilihat di Microstation.

9. SketchUp
9 Sketch Up

Setelah Google membeli hak dari software ini, sekarang menjadi populer dan diketahui banyak pengguna. Perangkat lunak ini memungkinkan pengguna untuk dengan cepat dan mudah membuat desain bangunan 3D. Perangkat lunak ini adalah pilihan tepat bagi siswa yang mencari perangkat lunak yang dapat menghasilkan desain 3 dimensi dalam waktu singkat dan untuk orang-orang yang baru mulai pada karier arsitektur mereka.

8. Revit Architecture
8 Revit Architecture

Ini adalah perangkat lunak yang dibangun untuk membangun pemodelan informasi atau BIM, yang merupakan kunci untuk desain berkelanjutan. Perubahan yang akan Anda buat akan secara otomatis dikoordinasikan di seluruh proyek yang Anda kerjakan dan masukan. ini akan membantu dalam membuat yang meliputi proyek lengkap. Fitur mudah dimengerti untuk membantu Anda memulai sebuah yang lengkap, konsisten dan bebas kesalahan desain. Anda Bisa menginstal software ini pada Windows Vista dan XP.

7. Softplan
7 Softplan

Hal ini mudah untuk menggunakan software yang dapat digunakan pada semua kebutuhan dalam perancangan. Hal ini juga mendukung pemodelan informasi gedung yang memberikan dokumentasi lengkap, 3 dimensi kemampuan perancangan, daftar bahan dan real time perkiraan biaya repots. Perubahan yang Anda akan lakukan pada desain akan secara otomatis dikoordinasikan seluruh proyek yang sedang di kerjakan. Ini merupakan pilihan terbaik ketika Anda bekerja pada desain perumahan dan komersial.

6. Autodesk Revit
6 Autodesk Revit

Software ini bekerja dengan cara yang dapat memenuhi kebutuhan arsitek dan desainer. Dengan demikian, hal ini bisa memudahkan bagi para desainer untuk membuat desain yang berkualitas akurat tinggi. Perancangan perangkat lunak ini juga mendukung informasi bangunan pemodelan alur kerja yang berarti bahwa Anda bisa mendapatkan dan menganalisa setiap konsep, memenuhi semua tujuan di seluruh desain, dokumentasi dan pembangunan keseluruhan proyek. aplikasi ini bersifat standalone dan merupakan solusi terbaik jika Anda mencari fungsional. Ini juga hadir dalam edisi yang berbeda serta memiliki fitur khusus dan dapat memenuhi semua kebutuhan dalam desain.

5. Vectorworks Architecture
5 Vectorworks Architecture

Mungkin bukan sesederhana untuk digunakan seperti perangkat lunak lain, tetapi melalui keterlibatan desainer yang mampu menghasilkan hasil luar biasa dan menghasilkan proyek-proyek luar biasa. Perlu waktu berjam-jam dan kadang-kadang frustasi ketika Anda akan menjalani dalam proses belajar, semua akan sia-sia, terutama ketika Anda sudah bisa membuat dengan cepat dan unik desain setelah beberapa waktu. Perangkat lunak ini juga mendukung pemodelan informasi gedung. Sebenarnya mudah untuk menggunakan aplikasi ini, bila Anda terbiasa untuk itu. Ini adalah perangkat lunak yang cocok bagi mereka dengan pengalaman dan mereka yang ingin memiliki hasil terbaik. Hal ini tidak dianjurkan untuk waktu pertama dalam belajar desain arsitektur.

4. AutoCAD Architecture
4 Auto CAD Architecture

AutoCAD Arsitektur adalah AutoCAD versi yang dibuat khusus untuk arsitek. Ini memiliki fitur yang memungkinkan arsitek untuk melakukan penyusunan lebih efisien, menciptakan desain dan dokumen yang familiar bagi mereka. Yang mereka miliki platform sama dengan AutoCAD yang akan membuatnya lebih mudah bagi arsitek berpengalaman untuk mengerti. Ada versi percobaan gratis yang bisa kamu coba sebelum membeli produk ini. Paket AutoCAD dibuat khusus untuk seorang arsitek yang cukup memiliki alasan untuk mendapatkan software ini.

3. Punch Software
3 Punch Software

This self-entitled America’s#1 Home & Landscape De sign Software adalah sebuah aplikasi yang menggabungkan kekuatan NexGen dengan menakjubkan serta kualitas foto realistis dari LightWorks yang akan memungkinkan arsitek atau desainer untuk menghasilkan realistis dan desain sebenarnya perumahan mewah untuk mereka sendiri atau untuk klien mereka. Software itu miliki paket yang dapat memenuhi kebutuhan para arsitek ‘ketika datang untuk merancang. Perangkat lunak ini kompatibel dengan Windows dan meskipun pricy, selalu dapat menghasilkan hasil yang bagus.

2. Chief Architect
2 Chief Architect

Ini adalah perangkat lunak desain profesional yang dapat membantu menghasilkan desain 3 dimensi. Memiliki alat otomatis yang dapat membuat desain rumah dan renovasi mudah. Ini adalah perangkat lunak yang sebagian besar di pilih arsitek untuk menggunakannya dalam desain arsitektur 2D atau 3D karena mudah digunakan dan selalu memberikan hasil yang mereka inginkan.

1. ArchiCAD
1 Archi CAD

Ini adalah perangkat lunak all-in-one yang dapat digunakan dalam proyek-proyek 2D dan 3D. Ini juga dapat digunakan oleh desainer yang First Time dan mahasiswa arsitektur. Ini adalah user friendly bahwa desainer First Time dan arsitek dapat dengan mudah memaksimalkan potensi perangkat lunak. Ia juga memiliki hampir semua fitur aplikasi lainnya, tetapi tidak pernah dapat mengungguli efisiensi perangkat lunak ini.

Sumber : Isya Ansyari blog 

About Mulyaji Bin Raban, S.Kom.

Sekarang menekuni pekerjaan Part time sebagai IT Service Engineer di salah satu perusahaan software dari negeri tetangga dan Freelance di bidang Networking, Web Design & Automation.

Posted on 26 Maret 2014, in Artikel komputer. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s